Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahataninya Di Kecamatan Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah
Abstract
Bawang merah merupakan salah satu komoditi hortikultura sayuran yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai bahan pelengkap masakan. Kebutuhan konsumsi bawang merah yang terus meningkat membuat pemerintah menjadikan bawang merah sebagai sayuran unggulan nasional dan sebagai komoditi prioritas. Kecamatan Laut Tawar merupakan salah satu sentral bawang merah di Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran bawang merah di Kecamatan Laut Tawar apakah sudah efisien dan mengetahui usahatani bawang merah dapat memberikan pendapatan yang layak bagi petani bawang merah di Kecamatan Laut Tawar. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan menggunakan kuisioner. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Model analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, metode analisis saluran pemasaran, analisis margin, analisis profit margin, efisiensi pemasaran, pendapatan dan kelayakan usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Saluran pemasaran bawang merah di Kecamatan Laut Tawar menggunakan saluran satu tingkat dan dua tingkat pemasaran.Efisiensi pemasaran bawang merah pada saluran pemasaran pertama sebesar 36,82 % dan pada saluran pemasaran kedua 40,02%. Nilai perhitungan R/C ratio yang diperoleh sebesar 2.74 hal ini menunjukan bahwa usahatani bawang merah layak dan menguntungkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita. R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
Arikunto. S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara. Jakarta.
Azzaino, Z.2005. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. IPB Bogor
BPP. 2018. Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lut Tawar. Aceh Tengah
Dinas Pertanian Aceh Tengah. 2017. Kadistan Panen Bawang Merah di Bintang. Distan.Acehtengahkab.go.id/index.php/news/read/2017/10/27/70/kadistan-panen-bawang-merah-di-bintang.html (Diakses Jum’at 27 Oktober 2017)
Dumairy. 2004. Matematika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Bina Aksara. Jakarta.
Istiyanti. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman The Marketing Efficiency Of Red Chili In Ngemplak Regency Sleman Distric). Jurnal Pertanian Mapeta.Vol. Xii. No. 2 April 2010:72.
Kamaluddin. 2008. Lembaga dan Saluran Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kaslil. (14 Januari 2018). Petani bawang merah. (H. Fitryani, Interviewer)
Kompasiana.2017. Sekolah Lapangan Bawang Merah di Tepi Danau Lut Tawar.
Kohl. R.L dan Downy. 1972. Marketing Of Agricultural Product Fourth Ed. Macmillan Co. New York
Kotler P Dan Keller. 1998. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Kontrol. Jilid 2. Penerbit Pt Advertising Research.
Kotler. P. 2003. Manajemen Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta
Limbong, S. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian (Bahan Kuliah Jurusan Ilmu- Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian). Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Mubyarto, 1985. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3es. Jakarta.
Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.
Purwadana, 1994. Penanganan Pasca Panen. Grasindo. Jakarta.
Rabbani Nurjaya. 2015. Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Jenderal Soedirman.
Rasoki, T. 2018. Efisiensi Pemasaran Bawang Merah Di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Grahatani Vol. 4
Rizqi. 2010. Jurnal Agrise. Jawa Timur. Universitas Brawijaya.
Santoso. T. I. 2014. Efisiensi Pemasaran Beberapa Komoditas Sayuran Utama Di Kabupaten Indramayu. Jurnal. Agri Wiralodra. Vol. 6 No. 2. September 2014.
Silvana. A. 2016. Analisis Pemasaran Bawang Merah Di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromahu Kabupaten Sigi. Jurnal. Agrotekbis. Vol.4 No.1. Februari 2016. Palu
Soekartawi, 1993. Pembangunan Pertanian. PT. Raja Grafindo Indonesia. Jakarta.
Soekartawi, 2000. Pengantar Agroindustri. PT. Raja Grafindo Pustaka. Jakarta.
Soekartawi, 2001. Strategi Pemasaran Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Hasil-Hasil Pertanian: Teori Dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Stanton. W. J. 1984. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Sudiyono. A. 2001. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.
Sukirno. S. 2003. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. PT. Salemba Empat. Jakarta.
Suswarsono. H. 2000. Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta.
Sutariyah. 2006. Ilmu Usahatani. Swadaya, Jakarta.
Syarif, K. 2011. Analisis Kelayakan Usaha Produk Minyak Aromatik Merek Flosh. Skripsi Institut Pertanian Bogor. Bogor
Syukrianto. A.S.dan Handayani. H.J. 2015. Analisis Pemasaran Bawang Merah Lembah Palu Di Desa Wombo Kalonggo Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. E-Jurnal. Vol. 3 No. 5 Oktober 2015.
Triana.L.A. dan Fahmi. A. 2016. Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah Di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal fakultas Pertanian Universitas Islam Al-Azhar. Vol. 10. No.2 September 2016.
Tuti. A. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Daun Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogo
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id