Saluran Distribusi Dan Penetapan Harga Sayuran Pada Pedagang Besar Dan Pedagang Pengecer Kota Banda Aceh
Abstract
Abstrak,Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketergantungan penetapan harga sayuran terhadap saluran distribusi pada pedagang besar dan pedagang pengecer kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, disebabkan banyaknya pedagang maka penelitian ini dilakukan dengan metode pengambilan sampel yang mewakili populasi dan dilakukan sumber informasi yang dapat menggambarkan keadaan masyarakat didaerah penelitian. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) X2hitung < X2tabel dan α ≥ pvalue yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya saluran distribusi berpengaruh tidak nyata terhadap penetapan harga. (2) Contigency coefficient (r) memiliki hasil 0,707 yang berarti saluran distribusi memiliki keterkaitan yang kuat dengan penetapan harga sayuran pada pedagang besar dan pedagang pengecer di Kota Banda Aceh. (3) Biaya pemasaran pedagang besar lebih besar dibandingkan biaya pemasaran pedagang pengecer, yaitu masing-masing Rp.46.307.200/tahun dan Rp.41.250.000/tahun.
(Distribution Channel And Determination Of Vegetable Prices In Wholesaller And Retailers In Banda Aceh City)
Abstact, Distribution channels are distributor institutions or channeling institutions that have activities to distribute or deliver goods or services from producers to consumers. This study aims to determine the dependence of vegetable pricing on distribution channels on wholesalers and retailers in the city of Banda Aceh. The method used in this study is a survey method, due to the large number of traders so this study was conducted with a sampling method that represents the population and carried out information sources that can describe the condition of the community in the research area. The results in this study are (1) X2count <X2 table and α ≥ pvalue ¬ which shows that Ha is accepted and H0 is rejected, meaning that the distribution channel has no significant effect on pricing. (2) Contigency coefficient (r) has a result of 0.707 which means that the distribution channel has a strong connection with the determination of vegetable prices at wholesalers and retailers in the city of Banda Aceh. (3) The marketing costs of wholesalers are greater than the marketing costs of retailers, namely Rp.46,307,200 / year and Rp.41,250,000 / year.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, Lupitasari. 2014. Pengaruh Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan. PT. Salama Nusantara . Universitas Negeri. Jogjakarta.
Boyd, Harper W., Jr. & Orville C. Walker, Jr. 1992. Marketing Management:
A Strategic Approach. Illinois: Richard D. Irwin, Inc.
Belshaw, Cyril S. 1981. Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern. Jakarta: PT Gramedia.
Djaslim Saladin. 1996. 2003. Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
Eko Putra. 2013. Pengaruh Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Minyak Kelapa Sawit (CPO). Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol 5,No. 1 PT. Grasindo Minang Plantation Barat.
Keegan, Warren J. 2005. Manajemen Pemasaran Global, edisi keenam, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Armstrong. 1996. Principles of Marketing . 7th. Ed. New York: Prentice-Hall Inc.
Machfoedz, Mhmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Upp Amp Ykppn.
Maduretno Widowati. 2010. Pengaruh Harga,Promosi,Merk Terhadap Penjualan barang Pharmasidi. Fokus Ekonomi. Vol 5,No.1 . PT. Anugerah Pharmindo Lestari.
Mantra, I.B. 2004. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Nazir. Moh Ph. D. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, Alex S. 1993. Manajemen Personalia – Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia.
Nitisemito, A, Dale, 1993. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia.Jakarta:
William J. Stanton. 2000. Dasar-dasar Pemasara, Edisi ke tujuh. Jakarta: Erlangga.
Winardi. 1992. Strategi Pemasaran. Cetakan ketiga. Penerbit Mandar Maju. Bandung
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua belas. Bandung: Alfabeta.
Swasta, Basu DH dan Irawan. M.B.A. 1986. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id