Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaaan Warung Kopi Di Kota Banda Aceh

Aufar Rivqi, Suyanti Kasimin, Safrida Safrida

Abstract


Abstrak : Persepsi seseorang pada suatu objek di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor individu, target dan situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap keberadaan warung kopi di Kota Banda Aceh. Penarikan sample diperoleh dengan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan masyarakat memiliki persepsi bahwa keberadaan warung kopi sekarang ini menjadi salah satu ruang publik yang mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat dengan berbagai fasilitas-fasilitas yang ditawarkan dan berbagai menu makanan/minuman. Namun beberapa masyarakat memiliki persepsi bahwa dengan adanya warung kopi masyarakat menjadi lupa waktu hingga 3-5 jam berada di warung kopi dan bahkan tidak menggunakan fasilitas sebagai mana mestinya terutama bagi kalangan mahasiswa.

Public Perception Of Coffee Shop Presence In Banda Aceh City

Abstract. A person's perception of an object is influenced by 3 factors, namely individual factors, targets and situations. This study aims to find out how people's perceptions of the existence of coffee shops in the city of Banda Aceh. Sample withdrawal is obtained by Accidental Sampling method with a total sample of 50 respondents. The method used is descriptive qualitative and quantitative. The results of this study indicate that the community has a perception that the existence of coffee shops is now one of the public spaces that can meet all the needs of the community with various facilities offered and various food / beverage menus. However, some people have the perception that with the community coffee shop, they will forget about 3-5 hours in a coffee shop and not even use the facilities as they should, especially for students.



Keywords


Persepsi; Warung Kopi; Faktor Individu; Faktor Target; Faktor Situasi ; Perception; Coffee Shop; Individual Factor; Target Factor; Situation Factor

Full Text:

PDF

References


Andiriadi. 2011. Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Kafe Remang-Remang (Studi Deskriptif di Kel. Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Medan). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sumatera Utara.

Badan Pusat Statistik. 2017. Banda Aceh Dalam Angka. Tahun 2017.

Bimo, Walgito. 1981. Pengantar Psikologi Umum. diterbitkan oleh Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Bimo, Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, Jakarta.

Bimo, Walgito, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Jakarta.

Dinas Kebudayaan, dan Pariwisata, 2017. Jumlah Warung Kopi di Kota Banda Aceh. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Tahun 2017.

Dirman. 2017. Respon Masyarakat Terhadap Keberadaan Café Remang-Remang Di Bukit Betapuh Desa Kasang Kecamatan KUantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Jom Fisip Vol. 4 No. 1 Februari 2017.

Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10. Andi: Yogyakarta.

Gelora Cita. 2015. Studi Tentang Fungsi Warung Kopi Bagi Masyarakat di Kota Bagansiapiapi. Jom Fisip Vol.2 No.2 Oktober 2015.

Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga .

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Keseblas, Jakarta: Indeks.

Listinawati, E. 2011. Partisipasi Petani Dalam Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Kab. OKU. Jurnal Agronobis Vol.3 No.5 Maret 2011.

Mauriza, Sazli. 1998. Warung Kopi dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Aceh. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Miftah, Thoha. 2007. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miftah, Thoha. 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Pers.

Miswar Muhammad. 2017. Pengaruh Wifi (Wireless Fidelity) Terhadap Pengunjung Warung Kopi di Kota Banda Aceh, skripsi. Fakultas Adab UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Muammar. 2018. Perkembangan Warung Kopi di Kota Banda Aceh Dari Tahun (1974-2017). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Novitayani. 2014. Warung Kopi Sebagai Sarana Komunikasi dan Sumber Informasi Bagi Profesi Wartawan. Thesis, Jurusn Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Medan.

Nurcholis, 2010, Administrasi Pemerintah Daerah., Universitas terbuka, Jakarta.

Nurlaila Hayati. 2015. Eksistensi Pengguna WI-FI di Warung Kopi di Kota Banda Aceh. Junal Al-Ijtimayyah Vol.1 No.1 Januari-Juni 2015.

Pareek, Udai,1986. Prilaku Organisasi, Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo,

Polak, Major. 1976. Sosiologi Suatu Buku Pengantar Ringkas. Ichtiar. Jakarta.

Rahardjo, Pudji. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya: Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin, 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin, 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rani Permata Sari. 2014. Perempuan dan Warung Kopi (Analisis Terhadap Perilaku Perempuan dan Persepsi Masyarakat Kota Banda Aceh). Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Riza Aulia Putra. 2015. Interpretasi Makna Pada Warung Kopi Aceh (Studi Kasus: Warung Kopi Solong di Banda Aceh). Skripsi. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Persepsi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Penerbit PT.Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 2003. Perilaku Persepsi, Jilid 2, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Robbins, Stephen P, Timothy A. Judge 2008. Perilaku Persepsi, PT. Salemba Empat, Jakarta.

Sistaningrum, 2002, Manajemen Promosi Pemasaran. Jakarta : PT Index, 98.

Sobur, Alex, 2009. Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia Bandung.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susantaro dalam Ramdha. 1990:23. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Bandung : Sarana Panca Karya Nusa.

Thantawy. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id