Analisis Pendapatan Padi Varietas Sigupai dan Sistem Pemasarannya di Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Sigupai Variety Rice Farming And Marketing Chanel)

Ulfa Mifthahurrahmah, Elly Susanti, Mustafa Usman

Abstract


Abstrak. Usahatani adalah suatu bidang tanah dimana seorang petani, keluarga tani atau badan usaha lainnya bercocok tanam atau memelihara padi varietas sigupai. Produksi pertanian mengusahakan masukan untuk menghasilkan keluar masuknya segala sesuau yang diikutsertakan didalam proses produksi seperti benih, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja.Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi yang banyak mengkonsumsi beras.Blangpidie merupakan salah satu kabupaten/kota yang menanam padi varietas sigupai yang aktif setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Blangpidie, objek dalam penelitian ini adalah petani padi varietas sigupai yang berperan sebagai pedagang pengecer beras sigupai.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Samplingmerupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan objek penelitian, metode analisis secara deskriprtif kualititatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani padi varietas sigupai langsung menjadi pedagang pengecer di lokasi penelitian.

ANALYSIS OF RICE GYM VARIETY AND ITS MARKETING SYSTEM IN BLANGPIDIE DISTRICT, ACEH BARAT DAYA DISTRICT
(Sigupai variety rice farming and marketing channels)

Abstrak.Farming is a land field where a farmer, family farmer or other business entity grows crops or maintains sigupai variety rice. Agricultural production seeks input to produce the entry and exit of everything that is included in the production process such as seeds, fertilizers, pesticides, and labor. Aceh Province is one of the provinces that consume a lot of rice. Blangpidie is one of the regencies / cities that plant sigupai varieties that are active every year. This research was conducted in Blangpidie Subdistrict, the object in this study was sigupai variety rice farmers who acted as sigupai rice retailers. Sampling was done by Accidental Sampling technique which was a sampling technique that was carried out by taking respondents who happened to be available or available somewhere according object of research, descriptive qualitative descriptive method. The results showed that the variety sigupai rice farmers immediately became retailers at the research location.

 

 



Keywords


Usatani, Pedagang Pengecer, Padi Varietas; Management, Retailers, Rice Varieties.

Full Text:

PDF

References


Alma.2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa: Alfabeta. Bandung.

Alawiyah,T.2014. Pemasaran Bawang Daun Desa Alamendeh Kecamatan Rancobal Kabupaten Bandung.Skripsi.Departemen Agribisnis,Fakultas Pertanian Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.Bogor.

Aroning, R.Analisis Saluran dan Hasil margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng, kecamatan pattalasang, Kabupaten Gowa. Berita: http://www.deptan.go.id.Diakses pada tanggal 26 November 2012

Asriani Mulya Ningsih.2010. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Organik Metode SRI (Sistem Of Rice Intensification) Studi Kasus Desa Cipeuyeum,Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur,Propinsi Jawa Barat.

Azzaino,Z.1982. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakulltas Pertanian Institut Pertanian. Bogor.

Daniel, M.2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Dini,R.,S.2015. Analisis Pendapatan Petani Padi Sawah di Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Skripsi.Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor,Bogor.

Estefan,A.,D. 2011. Analisis Usahatani Dan Pemasaran Bunga-PotongAnggrek Dendrobium Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Faisal,F.,A dan Wnda. 2015. Analisis pendapatan usahatani jeruk diam di desa padang pangrapat kecamatan tanah grgot kabupaten paser. Jurnal ilmu administrasi bisnis. 2:600-611(3).

Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Marketing. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

P, Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesepuluh. PT Prenhalindo. Jakarta.

Pandapotan,A. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Dan Saluran Pemasaran Pepaya California Desa Cimande Dan Desa Lemahduhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat. Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Qhoirunisa,S.,A. 2013. Pendapatan Usahatani Padi Hibrida dan Padi Inbrida di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor,Bogor.

Lakasana,Fajar.2008. Managemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu. Yogyakarta

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Lumintang,M.,F.2013. Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur. Jurnal EMBA.1:991-998 (3)

Maulizar Khairil. 2008. Sistem Pemasaran Kacang Tanah di Kecamatan Kuala Kabupaten

Nagan Raya.

Rahmawati,A.,D. 2001. Analisis Pendapatan Usahatani Dan Sistem Pemasaran Kentang Di Desa Alamendah Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat.Skripsi.Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.Bogor.

Rizki Aulia. 2006. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah Dengan Penggunaan Pupuk Organik Di Desa Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar.

Rosyanni,R. 2011. Analisis Pendapatan Usahatani Pemasaran dan Nilai Tambah Ubi Kaayu di Desa Cikeas Kecamatan Sukarajo Kabupaten Bogor. Skripsi.Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadyah Malang.Malang

Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Sudaryanto and swastika. 2008. Development and Policy Issues In Indonesian Rice Industry. Paper prasented at the “Rice Policy Forum”. Internasional Rice Research Institute, Los Banos, Philipinnes, 18-19 Februari,2008

Sukirno, Sadono. 2000. Mikro Ekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran dari klasik sampai Keynesian Baru, Edisi 1. PT Raja Grafindo, Jakarta

Suratiyah Ken. 2008. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Tjiptono, Fandi, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Tarigan dan Kusbiantoro. 2011. Pengaruh Derajat Sosoh dan Pengemas Terhadap Mutu Beras Aromatik Selama Penyimpanan. Balai Besar penelitian Tanaman Padi.

Tobing,D. 2009. Analisis Kelayakan Usahatani Wartel. (Skripsi).Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

Yanti Sri. 2003. Analisis Pemasaran Jeruk Manis di Desa Beganding Kecamatan Simpang IV Kabupaten Karo.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id