Strategi Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Perkebunan Rakyat Melalui Koperasi (Studi Kasus Koperasi Tani Bina Madani di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang)

Mozan Yunaz Putra, Zakiah Zakiah, Fajri Fajri

Abstract


Abstrak. Subsektor perkebunan merupakan salah satu subsektor pertanian yang menyumbangkan devisa negara tertinggi di Indonesia. Di Kecamatan Rantau dan Seruway di Kabupaten Aceh Tamiang sendiri mempunyai potensi alam, khususnya tanah dan iklim yang sangat sesuai untuk usaha perkebunan tanaman kelapa sawit. Kecamatan ini sudah terdapat koperasi yang bergerak di bidang perkebunan yaitu Koperasi Tani Bina Madani. Namun masih ada masalah yang dihadapi koperasi seperti masih sedikitnya ketersediaan TBS dari petani untuk dibawa ke PKS dan buruknya kualitas TBS sehingga masih sering terjadi penolakan dari PKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran agroindustri, serta untuk mengetahui strategi pengembangan yang menjadi alternatif pada Koperasi Tani Bina Madani. Penelitian ini dilakukan di Desa Suka Rakyat Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dengan Koperasi Tani Bina Madani dan seluruh anggota didalamnya sebagai objek penelitiannya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Hasil analisis data mengenai posisi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang cocok diterapkan pada Koperasi Tani Bina Madani adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength Opportunities). Strategi SO dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan guna menangkap peluang pasar yang tinggi yaitu dengan menguatkan kerjasama dengan pihak PKS dengan mengusahakan kebijakan yang menguntungkan Koperasi.

(Analysis Marketing Strategy Of Fresh Fruit Bunches (FFB) Smallholders Through Cooperation (Case Study Of Tani Bina Madani Cooperatvie At Rantau District In Aceh Tamiang Regency))

Abstract. Plantation is one of many agricultural subsector that contributed in giving the country a lots of foreing exchanges in Indonsia. At Rantau and Seruway Districts in Aceh Tamiang Regency has the potential of nature, in particular the soil and the climate is very suitable for palm oil crops plantation business. This regency already had a cooperative that engaged in plantation sectors named Koperasi Tani Madani. The problems that they faced such cooperatives still lack availability of Oil Palm Fresh Fruit Bunches (FFB) from farmers to the Oil Palm Mill (OPM) bad quality of the FFB so it still often happens that the rejection of the OPM. This research aims to know the internal and external factors of the agro-industries marketing, as well as to know the alternative of development strategy on Farm Cooperative Bina Madani. This research was conducted at Suka Rakyat village Rantau district in Aceh Tamiang Regency with the farmers Cooperative Bina Madani and whole member as the object of the research. This research used SWOT analysis method. The results of the analysis are about the position of companies using SWOT analysis shows that a suitable marketing strategies applied to the Farmers Cooperative Bina Madani is to use strategy SO (Strength Opportunities). The SO strategy is done by using the power of the company to capture high market opportunities with strengthened the cooperation with the OPM with the pursuit of policies that benefit for the cooperative.



Keywords


TBS; SWOT; Koperasi; Strategi pemasaran; FFB; SWOT; Cooperatvie; Market strategy

Full Text:

PDF

References


Agustira M.A., Amalia R, Nurkhoiry R. 2015. Program Sawit Untuk Rakyat (Prowitra) Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas, Pemberdayaan, Keberlanjutan, Dan Kesejahteraan Pekebun Kelapa Sawit Rakyat. Jurnal Pusat Penelitian Kelapa Sawit. 5: 315-324.

Alma, B.. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta, Bandung.

Ariyantoro, H. 2006. Budidaya Tanaman Kehutanan. PT. Citra Aji Parama. Yogyakarta.

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Badrun, M. 2010. Tonggak Perubahan Melalui PIR Kelapa Sawit Membangun Negeri. Direktorat Jendral Perkebunan, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.

BPS Aceh Tamiang. 2015, Aceh Tamiang Dalam Angka, Aceh Tamiang.

Chandler, A.. 1962. Strategy and Structure: Chapters in The History of The industrial Enterprise. Cambridge Mass: MIT Press. London.

Departemen Pertanian, Direktorat Jenderal Perkebunan. 2014. Statistik perkebunan Indonesia 2013-2015: Kelapa Sawit (Oil Palm). Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan, Jakarta.

Didu, M.S.. 2000. Rancangbangun Strategi Pengembangan Agroindustri Kelapa Sawit (Agrosawit). Jurnal Teknik Industri Pertanian. 11(1): 20-26.

Ikhsan, S. 2011. Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Jurnal Agribisnis Pedesaan. 01(3): 166-177.

Indriyo, G. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi II, BPFE, Yogyakarta.

Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Edisi Pertama. UI-Press, Jakarta.

Kiswanto, Jamhari, H. P dan Bambang W. 2008. Teknologi Budidaya Kelapa Sawit. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Kurniawan, A, C. 2004. Strategi Pengembangan Bisnis Kelapa Sawit (Studi Kasus Pada PTPN VIII, Propinsi Banten). Skripsi. Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, ITB, Bogor.

Martodireso, S. dan Widada A.. 2001. Agribisnis Kemitraan Usaha Bersama. Kanisius. Jakarta

Nurmianto, E. 2004. Perumusan Strategi Kemitraan Menggunakan Metode AHP Dan SWOT (Studi Kasus Pada Kemitraan Pt. Inka Dengan Industri Kecil Menengah Di Wilayah Karesidenan Madiun). Jurnal Teknik Industri. 6(1): 47-60.

Pahan, I., 2006.. Kelapa Sawit, Upaya Peningkatan Produktifitas. Kanisius, Yogyakarta.

Rahardjo, S. & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Nora Media Enterprise, Kudus.

Rangkuti, F. 2009. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia, Jakarta.

Sekaran, U.. 2011. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Setyawan, R.. 2015. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sunarko. 2009. Budi Daya Dan Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit dengan Sistem Kemitraan. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Syaputra, D. Y.. 2015. Analisis Swot Usahatani Kelapa Sawit Di Desa Ulumahuam Ujung Padang A Kecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara. Skripsi. Departemen Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Fakultas Sosial Dan Ilmu Poltik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tumimomor, A. Y. S.. 2013. Pengelolaan Koperasi Dalam Program Kemitraan. Skripsi. Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Wahyu R. E.. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Dan Prospek Usahatani Kopi Rakyat Di Desa Sumberbulus Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. JSEP. 6(3): 43-52.

Wahyudy, H. A.. 2015. Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Karet Rakyat Di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Junal Dinamika Pertanian. 30(3): 249-260.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i2.7311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id