Hubungan Persepsi Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbisida (Studi Kasus Di Desa Alue Sijuek Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi yang meliputi media, metode, sistem dan kelembagaan serta dukungan permodalan sangat perlu untuk dikembangkan dan dioptimalkan perannya dalam mewujudkan pertanian nasional yang tangguh dan mampu bersaing dalam era pasar bebas yang akan datang. Kabupaten Bireun merupakan salah satu sentra produksi pertanian tanaman pangan yaitu padi. Sebagai salah satu daerah sumber penghasil beras di Provinsi Aceh maka banyak produsen sarana produksi pertanian mencoba mencari pasar yaitu dengan mengiklankan produk pertanian yang dihasilkan oleh usaha mereka. Penelitian ini dilakukan di Desa Alue Sijuek Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Pengambilan desa sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. jumlah populasi penelitian di Desa Alue Sijuek yaitu 101 KK, dengan demikian besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 50% dari total jumlah populasi yaitu sebanyak 51 KK dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa keputusan pembelian produk pertanian sangat dipengaruhi oleh persepsi petani yang terdiri dari sikap, motivasi, minat, pengalaman, harapan. Terdapat hubungan antara sikap, motivasi, dan harapan terhadap keputusan pembelian herbisida, sedangkan minat dan pengalaman tidak berhubungan dengan keputusan pembelian. Diharapkan kepada para petani dalam penggunaan produk pertanian dimana informasi yang diperoleh dari media cetak atau media elektronik, alangkah baiknya tetap dikonsultasikan dengan para pendamping atau penyuluh dilapangan, dikarenakan tidak semua produk yang diiklankan tersebut efektif terhadap tanaman pada daerah tertentu, hal ini dikarenakan pembuatan produk pertanian tersebut dibuat berdasarkan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Arida, Herdianto, dan Safrid. 2016. Analisis Motivasi Petani Pengrajin Industri Rumah Tangga Gula Aren Di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues. JIM Fakultas Pertanian. Vol. 1. No.1 (2016)
Assauri, Sofjan (2007). Manajemen Pemasaran. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Atsan, T., Isik, H.B., Yavuz, F. dan Yurttas, Z. 2009. Factors Affecting Agricultural Extension Services in Northeast Anatolia Region. African Journal of Agricultural Research 4: 305-310.
Brigade Proteksi Kabupaten Bireuen, Tahun 2014
Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen, Tahun 2014.
Engel, Blackwell, dan Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara
Gurel, A. 1998. A Study on the Factors Affecting the Behaviour of Sunflower Producers to Technologic Innovations in Malkara District . Trakya University Tekirdag Faculty of Agriculture. Publication Number: 262. Research Number: 90. Tekirdag
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry 2007.Prisip-Prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi ke Delapan, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid I, PT Indeks, Jakarta.
Lamb, Hair, McDaniel 2009. Pemasaran. Buku I, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu
Mangkunegara, Anwar. Prabu. 2009. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Keempat. Refika, Jakarta.
Mateson, Donald. 2005. Media Discourses: Analyzing Media Texts. New York: Open University Press.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i4.5578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id