Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Merah di Kota Banda Aceh
Abstract
Abstrak . Cabai merah merupakan komoditas holtikultura yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Ciri dan sayuran ini rasanya pedas dan aromanya khas, sehingga bagi orang-orang tertentu dapat membangkitkan selera makan. Permintaan terhadap cabai merah untuk kebutuhan sehari-hari dapat berfluktuasi yang disebabkan karena naik turunnya harga cabai merah yang terjadi di pasar eceran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi naik-turunnya harga cabai merah di Kota Banda Aceh. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Banda Aceh dengan objek penelitian adalah Pedagang cabai merah di Kota Banda Aceh. Data yang digunakan adalah primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak variabel produksi, curah hujan, jumlah penduduk, dan jumlah rumah makan berpengaruh positif atau signifikan terhadap harga cabai merah di Kota Banda Aceh. Secara parsial variabel curah hujan, jumlah penduduk, dan jumlah rumah berpengaruh positif atau signifikan terhadap harga cabai merah, sedangkan variabel produksi tidak berpengaruh positif terhadap harga cabai merah di Kota Banda Aceh.
Analysis Of The Factors That Affect The Price Of Red Peppers In The City Banda Aceh
Abstract. Red pepper is a horticultural commodity that is loved by the people of indonesia. these characteristics and vegetables taste spicy and distintive aroma, so for people can arouse appetite. The demand for red peppers for daily needs may fluctuate due to the ups and downs of the price of red peppers occuring in the retail market. This research aimed to analyze the factors affecting chili prices in the Kota Banda Aceh city. The location of this research is done in Banda Aceh city, the object of research is red pepper traders in Banda Aceh city. The data used is primary and secondary data. The analytical methods used are classical assumptionbtest and multiple linear regression. The results showed that simultaneously variable production, rainfall, population, and number of restaurants have a positive or significant impact on the price of red peppers in the city Banda Aceh. Partially variable of rainfall, population, and number of restaurants have a positive or significant impact on the price of red peppers while the production variable does not positively affect the price of red peppers in the city Banda Aceh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agraini, Amalia. 2014. Analisis Pemasaran Cabai Merah Keriting di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Tadulako, Palu.
Azhari, A. 1992. Evaluasi Manajemen Produksi. BBFA. Yogyakarta.
BPS.2016. Banda Aceh Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik. Banda Aceh.
Chairia. 2014. Analisis Permintaan dan Penawaran Cabai Merah di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.
Ghozali, I. 2013 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Universitas Dipenogoro. Semarang.
Nazir. 2003. Metode Analisis Kuantitatif Regresi Linear Berganda. Gramedia. Jakarta.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.
Nofita, Indra. 2016. Analisis Keuntungan Usaha tani Cabai Merah Besar di Desa Andongsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember.
Novitasari, Dewi. 2015. Analisis Penawaran Cabai Merah di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret.
Palar, Nathania. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit di Kota Manado. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi. Manado.
Santika, Adhi. 1995. Agribisnis Cabe. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.
Setiadi. 2004. Bertanam Cabai. Penebar Swadaya. Jakarta
Siahaan.S, Daniel. 2014. Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha tani Cabai Merah. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.
Soekartawi, 1993. Prinsip Dasar Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Soekirno, 2003. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Stanton, William J. 1993. Prinsip Pemasaran. Edisi ke 7. Alih Press. Jakarta
Sukirno, S. 2002 . Teori Ekonomi Mikro. Rajawali Press. Jakarta.
Sa’id, E.G dan Intan A.H. 2001. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia . Jakarta.
Tjiptono dan Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta.
Wahyudi. 2011. Panen Cabai Sepanjang Tahun. Agromedia Pustaka. Jakarta.
Warren J. Keegan. 2003. Manajemen Pemasaran Global. PT Indeks Gramedia. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i3.3754
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id