PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN KONVENSIONAL MARKETING (STUDI KASUS: SOCOLATTE ACEH)

Rini Amelia, Azhar Azhar, Romano Romano

Abstract


Abstrak. Sebagian besar perusahaan masih menerapkan digital marketing dan konvensional marketing secara bersamaan untuk mempengaruhi keputusa pembelian konsumen, salah satunya Socolatte Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian konsumen melalui digital marketing dan konvensional marketing serta untuk mengetahui tingkat hubungan kedua jenis pemasaran tersebut dengan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi konsumen dari digital marketing dan konvensional marketing tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehingga sampel ditetapkan sebanyak 30 responden untuk masing-masing kelompok konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda Mann-Whitney dan koefisien korelasi Spearman yang diolah menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian konsumen melalui digital marketing dan konvensional marketing. Dan dari hasil koefisien korelasi, digital marketing dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat, sementara konvensional marketing dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup kuat.

Comparison of Consumer Purchasing Decisions Through Digital Marketing and Conventional Marketing (case study: Socolatte Aceh)

Abstract. Most companies still implement digital marketing and conventional marketing simultaneously to influence consumer purchasing decisions, one of which is Socolatte Aceh. The purpose of this study was to determine whether there was a significant difference in consumer purchasing decisions through digital marketing and conventional marketing and to determine the level of relationship between the two types of marketing and purchasing decisions. This study is a quantitative study. The consumer population of digital marketing and conventional marketing is not known for sure, so the sample was set at 30 respondents for each consumer group. The analysis technique used was the Mann-Whitney difference test and the Spearman correlation coefficient processed using SPSS 27. The results of the study showed that there was a significant difference in consumer purchasing decisions through digital marketing and conventional marketing. And from the results of the correlation coefficient, digital marketing and purchasing decisions have a strong relationship, while conventional marketing and purchasing decisions have a fairly strong relationship.



Keywords


Keputusan pembelian; Digital marketing; Konvensional marketing; Purchase decision; Digital marketing; Conventional marketing

Full Text:

PDF

References


Aufa, Q. (2019). Efektivitas Metode Pemasaran Secara Online Dan Offline Terhadap Hasil Penjualan (Studi Pada Toko Helm Kafana Store). Thesis.

Manuharani, N. N., Kencanawati, A. A. A. M., & Narti, N. K. (2022). Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus: Kuta Metelu Herbal). Repositori Politeknik Negeri Bali.

Mita, C. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Untuk Membeli Socolatte Pidie Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

Muna, F. N. (2019). Pengaruh pembelian online dan pembelian offline terhadap keputusan pembelian dengan minat sebagai variabel intervening (studi kasus pada 3Second Yogyakarta).

Putri, L. R. (2019). Pengaruh Penjualan Online Dan Offline Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ladyfame Shop di Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis adopsi media sosial sebagai sarana pemasaran digital bagi UMKM makanan dan minuman di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198.

Rizayanti, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Socolatte Di Pidie Jaya. UIN AR-RANIRY.

Sisilia, K. (2020). Analisis Perbandingan Keputusan Pembelian Online Dan Offline Customer Pada Or-K 689 Clothing. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i4.32259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id