Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Harga dan Kualitas Beras Serta Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras di Kota Banda Aceh

Anti Oktaviani, Teuku Makmur, Fajri Jakfar

Abstract


Sebelum melakukan pembelian beras, konsumen akan terlebih dahulu memperhatikan dan mempertimbangkan atribut-atribut yang melekat pada beras, sesuai dengan kepentingan masing-masing, dengan tujuan mencapai tingkat kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan konsumen, harga beras, dan kualitas beras terhadap keputusan pembelian beras di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di tiga pasar yang berada di Kota Banda Aceh yaitu Pasar Almahirah Lamdingin, Pasar Penayong, dan Pasar Setui menggunakan 60 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu metode Analisis Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, variabel pendapatan, harga beras, dan kualitas beras terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Namun, hasil uji wald (Uji t) menunjukkan bahwa hanya pendapatan dan kualitas beras yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh.

Keywords


Keputusan pembelian, harga, kualitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i4.32252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id