Loyalitas Konsumen Terhadap Minuman Kopi Arabika Di Kota Banda Aceh
Abstract
Abstrak. Kopi Arabika adalah salah satu komoditas yang diprioritaskan pengembangannya oleh pemerintah Indonesia saat ini. Minuman kopi arabika dikota banda aceh telah menjadi terkenal yang di tandai dengan tumbuhnya usaha-usaha kedai kopi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan loyalitas konsumen terhadap minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Penelitian digunakan metode survei dengan sampel konsumen minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan cita rasa memiliki hubungan loyalitas konsumen terhadap minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis korelasi Chi-square menunjukkan bahwa pada harga dan cita rasa, mempunyai hubungan positif dengan tingkat signifikan 0,017. Maka Ha diterima karena nilai peluang (Sig.) < tingkat signifikan α = 5% (0,05). Artinya variabel harga dan cita rasa mempunyai hubungan yang positif terhadap loyalitas konsumen.
Consumer Loyalty To The Arabica Coffee Drink In The City Of Banda Aceh
Abstract. Arabica coffee is one of the preferred crop development by the government of Indonesia today. Arabica coffee drinks in the city of Banda Aceh has become famous in the mark with the growing efforts of the coffee shop. The purpose of this study to determine the relationship of consumer loyalty to Arabica coffee drink in the city of Banda Aceh. The study was conducted by a questionnaire survey on 100 consumers drink coffee Arabica in the city of Banda Aceh. The sample used in this study is purposive sampling method. The analysis model used is the Chi-square test. The results showed that the relationship of customer loyalty to the Arabica coffee drinks in Banda Aceh is the price and taste. The results of data analysis using Chi-square correlation analysis shows that the price and taste, have a positive relationship with a significant level of 0.017. So Ha received for value opportunities (Sig.) < a significant level α = 5% (0,05). This means that the variable price and taste positively related to customer loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Algifari, 2003. Statistik Induktif: Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Edisi kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
Buttle, Francis (2004). Customer Relationship Management: Concepts and Tools. Elseveir Butterworth-Heinemann
Clifford, M.N. and K.C. Wilson, 1985. Coffee Botany, Biochemistry and Production of Bean Beverage,. The Avi Publishing Co. Inc., Westport, Connecticut.
Dharmmesta, B.S. 1999. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3. 73-88
Djarwanto,2004. Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan. Edisi Kedua . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Griffin, Jill. 2002. Customer Loyalty How To Earn It, How To Keep It. Kentucky: Mcgraw-Hill
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
JPECoffee, 2013. Cita rasa kopi dan karakterisiknya. http://www.jpwcoffee.com/citarasa-kopi-dan-karakterisiknya. Diakses 08 Septemper 2015
Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran (edisi 8). Jakarta : Erlangga. Jilid 1
Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalian Indonesia. Jakarta
Rahardjo, Pudji. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya. Jakarta
Sadono, S. 1997. Pengantar Teori Mikroekonomi. PT Rajawali Grafindo Persada. Jakarta
Shintaokrami, 2014. Perilaku konsumen terhadap konsumsi kopi. http:// Shintaokrami.wordpress.com/2014/11/29/ Perilaku-konsumen-terhadap-konsumsi-kopi/. Diakses 08 September 2015
Suryani, Tatik. 2003. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama.Graha Ilmu,Yogyakarta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi .Alfabeta. Bandung
Sugiono. 20011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung
Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta
Wahyudi. Teguh (2008), Sambutan Direktur Puslitkoka Indonesia pada buku Panduan budidaya dan pengolahan kopi arabika Gayo, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, APED, Bappeda NAD dan UNDP, Banda Aceh.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.3108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id