Loyalitas Konsumen Terhadap Konsumsi Kopi Tubruk di Meulaboh

Dina Fida, Ismayani Ismayani, Fajri Jakfar

Abstract


Abstrak.Kopi adalah salah satu jenis tanaman perkebunan yang sudah lama dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomi yang dapat menghasilkan keuntungan. Kopi tubruk merupakan kopi tradisional yang umumnya lebih keras karena bubuk kopi murni yang langsung diseduh dengan air  mendidih, teksturnya lebih kasar, lebih banyak mengandung ampas, aroma kopi yang lebih menyengat, serta tingkat kekentalan yang bisa disesuaikan dengan lidah penikmatnya. Loyalitas konsumen pada umumnya merupakan suatu sikap konsumen yang loyal terhadap pilihan dan penggunaan produk dalam waktu yang lama dan untuk masa yang akan datang, Sedangkan kepuasan konsumen ialah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap minuman kopi tubruk di Meulaboh, Mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen terhadap konsumsi kopi tubruk di Meulaboh.Adapun metode yang digunakan adalah Uji Validitas dan Reliabilitas,Regresi Logistik Biner dan Chi Square.Hasil Regresi Biner Logistik menunjukkan bahwa citarasa, harga, kualitas pelayanan dan lokasi merupakan faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap minuman kopi tubruk.Hasil Uji Chi-Square menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen terhadap minuman kopi tubruk di Meulaboh.

Consumer Loyality To The Consumption Of Coffee Brewed In Meulaboh

Abstract.Coffee is one of the plantation species has long been cultivated and have a mutually beneficial economic value.The brewed coffee is a traditional coffee are generally harder for pure coffee powder that instantly brewed with boiling water, rough texture, contains more dregs, pungent coffee aroma, as well as the level of consistency that can be adapted to the tongue of the audience.Consumer loyalty is generally a loyal consumer attitudes towards choice and use of the product for a long time and for the future.While customer satisfaction is feeling happy or disappointed someone who comes from a comparison between her impression of the performance (yield) of a product with expectations.In this study aims to determine the factors that influence consumer loyalty to the coffee beverage brewed in Meulaboh.Determine the relationship between the level of customer satisfaction and customer loyalty towards the consumption of instant coffee in Meulaboh.The methods used are validity and reliability, Binary Logistic Regression and Chi Square.Binary logistic regression results show that the simultaneous testing of the factors that influence loyalty is taste, price, service quality, and location. While testing only partially furnished variables that influence loyalty.Chi-Square test results indicate that there is a significant relationship between customer satisfaction and customer loyalty so that customer satisfaction is influenced flavors that suit the tastes of consumers.

 

Keywords


Kopi tubruk; Loyalitas konsumen; Kepuasan konsumen; The Brewed Coffee; Customer Loyality; Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Budi Hermawan, 2011. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jmu Tolak Angin. PT. Sido Muncul. Program Studi Manajemen, IBII : Jakarta Utara

Dollemore D dan Giuliuccin M, 2001. Tubruk. http:/ digilib. Unimus. Ac.id/download.Diakses pada tanggal 10 Mei 2015

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi. Kelima. Universitas Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Andi: Erlangga

Hayati, R, Ainun, M. Fania, R. 2012. Sifat Kimia dan Evaluasi Sensori Bubuk Kopi Arabika, J.Florate 7:66-75

Nazir, M. 1998. Metode Penelitian. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta

Singgih. 2010. Statistis Multivariat. Alex Media Komputindo. Jakarta.

Siska, Y. 2006. Loyalitas Konsumen Restoran Macaroni Panggang. Skripsi. Jurusan Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertranian Bogor. Bogor

Sri Najiyati dan Danarti. 2004. Budidaya Tanaman Kopi dan Penangan Pasca Panen.Penebar Swadaya, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id