ANALISIS SIKAP DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN ARANG TEMPURUNG KELAPA PADA BEBERAPA USAHA KULINER DI KOTA BANDA ACEH

Faridah Hidayati, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah, Mustafa Usman

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut arang tempurung kelapa yang memiliki skor tertinggi pada keputusan konsumen dalam menggunakan arang tempurung kelapa dan penelitian ini juga bertujuan untuk melihat faktor – faktor apa saja yang memiliki hubungan signifikan dengan keputusan konsumen dalam menggunakan arang tempurung kelapa pada beberapa usaha kuliner di Kota Banda Aceh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan arang tempurung kelapa pada usaha kulinernya yaitu pengusaha ikan bakar, ikan tongkol panggang dan mie arang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan metode yang digunakan adalah metode sampling kuota dimana penetuan sampel dari populasi yang memiliki cirri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis multiatribut Fishbein dimana metode ini digunakan untuk melihat atribut pada arang tempurung kelapa yang memiliki skor tertinggi pada sikap konsumen dalam menggunakan arang tempurung kelapa pada usaha kulinernya. Sedangkan untuk melihat faktor – faktor yang memiliki hubungan signifikan dengan keputusan konsumen digunakan metode Uji Korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil analisis bahwa atribut kualitas merupakan atribut yang memiliki skor tertinggi pada keputusan konsumen dalam menggunakan arang tempurung kelapa sedangkan faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan keputusan konsumen dalam menggunakan arang tempurung kelapa adalah faktor  jenis pekerjaan yang memiliki hubungan positif dan faktor kelompak acuan memiliki hubungan yang negatif dengan keputusan konsumen dalam mengunakan arang tempurung kelapa .

Analysis Consumer Attitudes And Factors Affecting The Decision Of Consumers In Using Charcoal Coconut Shell On Some Type Of Business To Eat In Banda Aceh


Abstract. This study aims to determine the attributes of coconut shell charcoal that has the highest score on the decisions of consumers in using coconut shell charcoal and this study also aims to look at what factors are having a significant relationship with the consumer’s decision to use coconut shell charcoal on several culinary efforts in the city of Banda Aceh.  The population used in this study is the consumer who uses coconut shell charcoal in the culinary business,  namely employers grilled fish,  grilled tuna and noodles charcoal.  Samples in this study were 30 respondents to the method used is the method Proportionate Stratified Random Sampling,  which is used to determine the number of samples come from populations that have a member or element is not homogeneous and stratified The analytical method used is the analysis of multi-atribut Fishbein where this method is used to view the attributes of the coconut shell charcoal that has the highest score on consumer attitudes in using coconut shell charcoal in the culinary business.  As for seeing the factors that have a significant relationship with the consumer's decision to use correlation test methods Spearman Rank.  Based on the analysis that the quality attributes are attributes that have the highest score on the decisions of consumers in using coconut shell charcoal while the factors that have a relationship with the consumer’s decision to use the coconut shell charcoal is a factor in the type of work that has a significant relationship and factor reference group does not have a relationship significantly with the decision of consumers in using coconut shell charcoal.



Keywords


Sikap konsumen; atribut; arang tempurung kelapa; Consumer attitudes; attributes; coconut shell charcoal

Full Text:

PDF

References


APPC, 2002. Coconut statistical yearbook 2000. Asia Pacipic Coconut Community. Thailand

Kotler, Philip, 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo : Jakarta

Maya, kartika S. 2011. Potensi dan Peluang Kelayakan Ekspor Arang Tempurung Kelapa di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pertanian. Bogor

Palungkun, R. 2004. Aneka Produk Olahan Kelapa.Cetakan ke Sembilan. Penebar Swadaya: Jakarta

PKAO. 1989. Basic Data. Pilipinas Kao Inc

Schiffman and Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. PT Indeks Gramedia. Jakarta

Sumarwan, U. 2004. PerilakuKonsumen: TeoridanPenerapannyadalamPemasaran. GhaliaIndonesia :Bogor

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. CAPS (Center of Academy Publishing Service), Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.3099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id