PENGARUH KONVERSI LAHAN PERSAWAHAN PASCA PEMBANGUNAN JALAN TOL BANDA ACEH – SIGLI TERHADAP SUSTAINABLE LIVELIHOOD PETANI PADI SAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Abstrak. Pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol, penting untuk meningkatkan ekonomi nasional dengan memfasilitasi transportasi yang lancar. Namun, hal ini dapat berdampak negatif, termasuk konversi lahan sawah, yang mengancam mata pencaharian petani padi. Meskipun pembangunan infrastruktur telah mendorong pertumbuhan ekonomi, kebutuhan lahan meningkat, menyebabkan konversi lahan sawah untuk jalan tol yang merugikan keberlanjutan hidup petani padi. Proyek jalan tol Banda Aceh-Sigli, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, telah mengonversi 127,89 Ha lahan sawah di Kabupaten Aceh Besar, memengaruhi sosial ekonomi petani yang bergantung pada pertanian sebagai sumber pendapatan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konversi lahan persawahan pasca pembangunan Jalan Tol Banda Aceh – Sigli terhadap sustainable livelihood petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar.. Penelitian ini menggunakan 60 sampel responden yang telah di lakukan secara simple random sampling dengan mengambil 25% dari total populasi yaitu 241 petani padi sawah. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner serta observasi langsung kondisi yang sebenarnya terjadi pada responden penelitian. Kemudian untuk data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), jurnal ilmiah, buku dan lainnya. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis uji t pada uji sample paired t test. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa pembangunan jalan Tol Banda Aceh – Sigli berdampak signifikan terhadap modal alam. Salah satu dampak utamanya adalah penurunan luas lahan padi sawah, yang mengalami penurunan dari 4.352 m2 menjadi 2.584 m2. Selain itu, terjadi penurunan pendapatan petani padi sawah dari Rp6.000.000 per bulan menjadi Rp4.340.000 per bulan, serta pengeluaran kegiatan pertanian yang turun dari Rp1.560.000 per bulan menjadi Rp800.000 per bulan serta kenaikan pengeluaran non pertanian dari Rp3.410.000/bulan menjadi Rp3.530.000 di Kabupaten Aceh Besar. Meskipun demikian, secara keseluruhan, pembangunan ini tidak berdampak secara signifikan terhadap kehidupan petani padi sawah di daerah tersebut. Modal alam, fisik, dan sosial tidak mengalami perubahan yang signifikan setelah pembangunan jalan Tol. Temuan ini menunjukkan bahwa petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar tetap mempertahankan pola penggunaan modal yang sama meskipun adanya pembangunan infrastruktur jalan Tol. Namun, modal ekonomi mengalami perubahan setelah pembangunan jalan Tol.
The Effect of Rice Field Conversion After the Construction of the Banda Aceh - Sigli Toll Road on Sustainable Livelihood of Rice Field Farmers in Aceh Besar District
Abstract. Infrastructure development, such as toll roads, is important to boost the national economy by facilitating smooth transportation. However, it can have negative impacts, including the conversion of paddy fields, which threatens the livelihoods of rice farmers. While infrastructure development has boosted economic growth, land requirements have increased, leading to the conversion of paddy fields for toll roads to the detriment of rice farmers' livelihoods. The Banda Aceh-Sigli toll road project, part of the Trans Sumatra Toll Road, has converted 127.89 Ha of paddy fields in Aceh Besar District, affecting the socio-economics of farmers who depend on agriculture as their main source of income. This study aims to determine the effect of paddy field conversion after the construction of the Banda Aceh - Sigli Toll Road on the sustainable livelihood of wet-rice farmers in Aceh Besar District. This study used 60 samples of respondents who had done simple random sampling by taking 25% of the total population of 241 wet-rice farmers. Primary data was obtained through direct interviews using questionnaires and direct observation of conditions that actually occurred in the research respondents. Then for secondary data obtained from the Central Statistics Agency (BPS), scientific journals, books and others. Furthermore, the data were analyzed using t test analysis on paired sample t test. Based on the results of the analysis conducted in this study, it is concluded that the construction of the Banda Aceh - Sigli Toll Road has a significant impact on natural capital. One of the main impacts is a decrease in the area of paddy fields, which decreased from 4,352 m2 to 2,584 m2. In addition, there was a decrease in the income of wet-rice farmers from Rp6,000,000 per month to Rp4,340,000 per month, as well as a decrease in expenditure on agricultural activities from Rp1,560,000 per month to Rp800,000 per month and an increase in non-farm expenditure from Rp3,410,000/month to Rp3,530,000 in Aceh Besar District. Overall, however, this development did not have a significant impact on the lives of wet-rice farmers in the area. Natural, physical and social capital did not experience significant changes after the construction of the toll road. This finding suggests that wet-rice farmers in Aceh Besar District have maintained the same pattern of capital use despite the construction of the Toll road infrastructure. However, economic capital experienced changes after the construction of the Toll road.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, D. (2019) ‘Analisis Pengaruh Infrastruktur Terhadap Tertumbuhan Ekonomi (Studi Pada 33 Provinsi di Indonesia Tahun 2008–2017)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, pp. 1–13.
Dewi, G.K. and Syamsiyah, N. (2020) ‘Alih Fungsi Lahan Sawah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Petani Di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang’, Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(2), p. 843. Available at: https://doi.org/10.25157/ma.v6i2.3572.
Dienaputra, R.A. and Nurwanto, I. (2021) ‘Badan Pengembangan Infrastrukttur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 51, pp. 5–24.
Masri, Y.P. and Prasodjo, N.W. (2021) ‘STRATEGI PENGHIDUPAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI PEDESAAN ( Kasus : Desa Tapos I , Kec . Tenjolaya , Kab . Bogor ) The Livelihood Strategies of Rice Field Farmer Household in Rural Areas ( Case : Tapos I Village , Tenjolaya District , Bogor Regency’, Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 05(05), pp. 670–683.
Muhid, A. (2019) Analisis Statistik Edisi 2, Zifatama Jawara.
Muttaqin, I. (2017) ‘Dampak Pembangunan Jalan Tol terhadap Nilai Lahan dan Bangunan serta Sustainable Livelihood Masyarakat Desa Cimande Hilir (Studi Kasus: Jalan Tol Bogor …’. Available at: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90828.
Tahir, R. (2023) ‘KAJIAN MODAL SOSIAL DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR ( Study Of Sosial Capital In Supporting Household Food Security Of Rice Farmers In Boddia Village , Galesong Sub-District , Takalar District ) Modal sosial merupakan modal das’, 6(April), pp. 23–33.
Triyanti, R. and Firdaus, M. (2016) ‘Welfare Level of Small-Scale Fishermen with a Sustainable Livelihood Approach in Indramayu Regency’, Journal of Marine Fisheries Socioeconomics, 11(1), pp. 29–43.
Wisnumurti, B. and Widyastuti, H. (2021) ‘Perencanaan Gerbang Tol Sigli - Banda Aceh’, Jurnal Teknik ITS, 9(2). Available at: https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.58184.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i3.30827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id