Pengaruh Sistem Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Padi Di Kecamatan Indrapuri

Nahzatul Aulia, Muhammad Yuzan Wardhana, Widya wati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan petani, serta apakah sistem pemasaran berpengaruh terhadap pendapatan petani padi di kecamatan Indrapuri. Jenis data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan data menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang petani padi yang ada di kecamatan Indrapuri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Petani padi di Kecamatan Indrapuri mempunyai tiga saluran pemasaran yaitu Pabrik, Tengkulak dan Eceran. Penjualan ke pabrik memberikan petani pendapatan yang lebih besar daripada penjualan kepada pengecer maupun tengkulak. Variabel sistem pemasaran yang terdiri atas lembaga pemasaran dan saluran pemasaran tidak memiliki pengaruh terhadap petani padi di Kecamatan Indrapuri. Sedangkan variabel margin pemasaran berpengaruh terhadap petani padi di Kecamatan Indrapuri.

The Influence Of The Marketing System On The IncomeOf Rice Farmers In Indrapuri District

Abstract. This study aims to determine how the marketing system is used by farmers, and whether the marketing system has an effect on the income of rice farmers in Indrapuri sub-district. The types of data in this study are primary and secondary data. Data determination technique using random sampling. The sample in this study amounted to 97 rice farmers in Indrapuri sub-district. The analysis used in this research is descriptive analysis and qualitative analysis. The results showed that rice farmers in Indrapuri District have three marketing channels, namely Factories, Middlemen and Retail. Sales to factories provide farmers with greater income than sales to retailers and middlemen. Marketing system variables consisting of marketing institutions and marketing channels have no influence on rice farmers in Indrapuri District. While marketing margin variables affect rice farmers in Indrapuri District.


Keywords


sistem pemasaran; Petani Padi; Marketing System, Farmers

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. 2015. Pengembangan kapasitas petani kecil lahan kering untuk mewujudkan ketahanan pangan. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 7 (3): 197-210.

Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmarantaka, N. S. 2014. Analisis Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Proyek Pada Pembangunan Hotel Batiqa Palembang. Sriwijaya University). Palembang.

Azwar, S. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baihaqi, A., Hamid, A. H., Zikri, I., Kurniawan, D., Fazlina, Y. D., Wardhana, M. Y., & Bahri, T. S. (2021, February). The performance of paddy farming in Aceh province. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 667, No. 1, p. 012083). IOP Publishing.

Bramastuti, N. 2009. Pengaruh prestasi sekolah dan tingkat pendapatan terhadap motivasi berwirausaha siswa SMK Bakti Oetama Gondangrejo Karanganyar. Skripsi

Budiasa, I. W., 2011. Pertanian Berkelanjutan Teori dan Pedoman. Bali: Udayana University Press.

Deli, A., Makmur, T., & Wardhana, M. Y. Analisis Akar Masalah Distribusi Pupuk Bersubsidi di Provinsi Aceh. Root Problem Analysis of Subsidized Fertilizers Distribution in Aceh Province.

Dewi, I. A. 2011. Akses Informasi Pasar, Modal dan Teknologi oleh Petani di Daerah Perkotaan. dwijenAGRO. Vol. 2 No. 2

Elfadina, E. A. (2018). Pengembangan Agribisnis Mangga Ditinjau dari Penguasaan Lahan dan Kebijakan Pemerintah Terkait (Doctoral dissertation).

Fielke, S. J., & Bardsley, D. K. (2014). The importance of farmer education in South Australia. Land Use Policy, 39, 301-312.

Hakim, L., Wardhana, M. Y., & Mulia, S. (2021). Analisis Willingness to Pay Petani Terhadap Pelaksanaan Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Di Kabupaten Aceh Besar. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 4(1), 281-298.

Hanafiah, M., Saefuddin, A. 2006. Tataniaga Hasil Perikanan. Indonesia Universitas Press, Jakarta.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV Andi offset.

Handianto, L., et al. 2015. Peranan Pertanian Sistem Arealan dan Penanggulangan Kemiskinan di Pedesaan: Studi Kasus Desa Manukan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 15(1), 1–13.

Husein, U. 2000. Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Husein, U. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hutabarat, H. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Petani dalam Penjualan Padi ke Tengkulak di Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas. HKTI Banyumas.

Jhingan, 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: Rajawali Press.

Kishor, B., Basanta, P., 2021. Impact of vegetable farming on farmers livelihood patterns in Dhankuta, Nepal. Geogr. J. Nepal 14, 131150.

Manyamsari, I., & Mujiburrahmad, M. (2014). Karakteristik Petani Dan Hubungannya Dengan Kompetensi Petani Lahan Sempit (Kasus: Di Desa Sinar Sari Kecamatan Dramaga Kab. Bogor Jawa Barat). Jurnal Agrisep, 15(2), 58-74.

Maulidah, S. 2012. Pengantar Manajemen Agribisnis. Malang: UB Press.

Musyarofah, et al. 2017. Preferensi Petani Dalam Penjualan Gabah Pasca Panen di Desa Sumur Mati Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial.

Muthini, D. N. (2015). An assessment of mango famer's choice of marketing channels in Makueni, Kenya (No. 634-2016-41489).

Purwaningsih, et al. 2008. Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Balai Penelitian Pengembangan dan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Vol. 9 No.1 Hal 1-27.

Qariska, H. Q., 2021. Ketergantungan Petani Padi Kepada Tengkulak Sebagai Patron-Klien dalam Kegiatan Pertanian (Studi Kasus di Desa Alatengae, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan), Makassar: Universitas Hasanuddin.

Rahmawati, S. 2006. Status perkembangan perbaikan sifat genetik padi menggunakan transformasi argobacterium. Jurnal Agrobiogen. 2 (1): 36 – 44.

Rahmayani, T., Wardhana, M. Y., & Arida, A. (2022). Efisiensi Usahatani Padi (Komparatif Antara Anggota Dan Non Anggota Kelompok Tani) Di Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(4), 307-314.

Rasmikayati. 2021. Saluran pemasaran Mangga dan Faktor Yang Memengaruhinya (Studi Komparatif Antara Kecamatan Greged dan Japara). Jurnal pertanian agros. Vol 23, no 2

Saragih, B. 2001. Suara dari Bogor: Membangun Sistem Agribisnis. Yayasan USESE bekerjasama dengan Sucofindo. Bogor.

Situmorang, M. 2015. Orientasi kebijakan politik luar negeri Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi-JK. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, Vol. 11 No 1.

Situmorang, S. H., dan Lutfi, M. 2017. Analisa Data: Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Edisi Ketiga. Medan: USU Press

Soekartawi. 2002. Teori Ekonomi Produksi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Stanton, W. J. 2012. Prinsip Pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto. Erlangga. Jakarta.

Statistik, B. P., 2022. Kabupaten Aceh Besar Dalam Angka. Aceh Besar: BPS Kabupaten Aceh Besar.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang

Sudrajat, J., Isytar, I., & Arifin, N. 2021. Farmers' Perception and Engagement with the Role of Middlemen: A Case Study of the Vegetable Farmers. Makara Human Behavior Studies in Asia, 25(1).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. 2002. Makro Ekonomika Modern, Jakarta: PT. Rasa Grafindo Persada.

Supriyanti, A., Supriyanta, & Kristamtini. (2015). Karakterisasi Dua Puluh Padi (Oryza Sativa. L.) Lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta. Vegetalika (4) 3:29 41.

Suwardi, G. N., et al. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Padi Sawah (Suatu Kasus di Desa Sukanagara Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH.

Suwiknyo, D. 2009. Kamus lengkap ekonomi islam. Yogyakarta: Total Media

Tamrin, A., & Tantri, F. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahed, M. 2015. Pengaruh Luas Lahan, Produksi, Ketahanan Pangan dan Harga Gabah Terhadap Kesejahteraan Petani Padi di Kabupaten Pasuruan. E-Jurnal Ekonomi Bisnis, Universitas Brawijaya Malang. 7(1). Hal:68-74.

Wardana, M. Y. (2011). Kajian prospek komoditas induk udang windu pada kawasan pesisir perairan pantai di daerah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Agrisep, 12(1), 31-39.

Wardhana, M. Y., Widyawati, W., Hermawan, R., & Kesuma, T. M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga cabai rawit (Capsicum Frutescens L.) DI ACEH. Paradigma Agribisnis, 4(2), 69-83.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i2.29991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id