Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kantin Kopefta Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala

Mardhatillah Mardhatillah, Ismayani Ismayani, Edy Marsudi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu 1) untuk mengetahui faktor kelompok referensi, persepsi, informasi, sikap dan penerima beasiswa berkorelasi dengan intensitas kunjungan ke Kantin Kopefta dan 2) untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap Kantin Kopefta. Metode analisis yang digunakan untuk mencapai tujuan pertama adalah melalui skala penilaian interval dari rata-rata jawaban responden dalam bentuk skala likert dan untuk mencapai tujuan kedua dilakukan dengan metode analisis IPA (Importance and Performance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berkorelasi dengan tingkat kunjungan ke Kantin Kopefta adalah kelompok referensi, persepsi, informasi, serta sikap yang dibuktikan dengan skala penilaian interval bahwa faktor-faktor tersebut berada pada skala interval 1,60-2,19 yang berarti cukup. Dan untuk kepuasan mahasiswa, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas terhadap Kantin Kopefta. Hal ini dapat terlihat pada atribut yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen yaitu atribut yang berada pada kuadran B, seperti menu yang bervariasi, citarasa, kehalalan, keramahan, kesopanan, dan perhatian pramusaji, kemampuan berkomunikasi pramusaji dan kemudahan dalam pembayaran. Atribut-atribut tersebut sesuai antara harapan dan yang diterima mahasiswa. Sehingga mahasiswa merasa sangat senang dan sangat puas.

Analysis Of Level Of Student Satisfaction In The Kopefta Canteen Faculty Of Agriculture, University Of Syiah Kuala

Abstract. This study has two objectives, namely 1) to determine the reference group, perception, information, attitudes and grantee correlated with the intensity of visits to the Kopefta canteen and 2) to determine the satisfaction of students in the Kopefta canteen. The analytical method used to achieve the first objective is through interval grading scale than the average respondent's answer in the form of Likert scale and to achieve the second objective analysis was conducted using IPA (Importance and Performance Analysis). The results showed that the factors that correlated with the level of visits to the Kopefta canteen was the reference group, perception, information, and attitudes as evidenced by the scale of assessment interval that these factors are at scale interval 1.60 to 2.19, which means quite. And for student satisfaction, research shows that students are satisfied with the Kopefta canteen. It can be seen on the attributes that affect the level of consumer satisfaction are attributes that are in quadrant B, as a varied menu, flavors, halal, hospitality, courtesy, and attentive waiters, waitresses communication ability and ease of payment. These attributes fit between the expectations and the accepted students. So that students feel very happy and very satisfied.



Keywords


Kepuasan Konsumen, Kelompok Referensi; Persepsi; Informasi; dan Sikap; Customer Satisfaction; Reference Groups; Perception; Information; and Attitudes

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Ke-9. Penerbit Prenhallindo. Jakarta.

Maisura, Dara. 2014. Factor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Kue Tradisional Aceh (Studi Kasus Istana Kueh Tradisional Aceh Lampisang Lhoknga Aceh Besar). Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian. Unsyiah. Banda Aceh.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Cetakan ke-2. Penerbit PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Mowen, John C. dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen, Edisi ke-5, Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi 1, Cetakan ke-3. Penerbit Kencana. Jakarta.

Supranto, J. 2003. Metode Riset : Aplikasinya dalam Pemasaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

-------. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Ke-4. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Tawirliyah. 2012. Analisis Tingkat Kepuasa Konsumen Rumah Makan Ayam Lepaas Di Kota Banda Aceh. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id