Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Non Media Sosial Serta Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffeeshop di Kota Banda Aceh

Ika Mulya Florita, Edy Marsudi, Suyanti Kasimin

Abstract


Abstrak. Lingkungan bisnis coffeeshop saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, terbukti dengan semakin menjamurnya coffeeshop yang menawarkan produk sejenis sebagai kompetitor. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat untuk mendapatkan pangsa pasar dan pelanggan. Bisnis coffeeshop dalam situasi seperti ini tidak punya pilihan selain menerima tantangan ini atau meninggalkan pasar sepenuhnya. Coffeeshop harus memiliki kesadaran menyeluruh terhadap permintaan pasar tempat produk mereka dijual dan dipromosikan untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini dilakukan di kota Banda Aceh, dengan fokus pada coffeeshop. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang mana data penelitian berupa angka angka yang dianalisis menggunakan uji statistik, kemudian hasil analisis akan dijabarkan dalam bentuk narasi secara apa adanya. Selanjutnya, dilakukan analisis linier berganda untuk menggambarkan hubungan antara variabel terikat dan variabel bebas atau variabel yang mempengaruhi variabel terikat tersebut. Berdasarkan hasil dari analisis linier berganda tersebut, Secara simultan variabel promosi media sosial, promosi non media sosial, dan fasilitas bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada coffeshop di Kota Banda Aceh. Kemudian dari hasil perhitungan secara parsial di dapat hasil bahwa variabel promosi media sosial, promosi non media sosial, dan fasilitas juga berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian pada coffeshop di Kota Banda Aceh. Kemudian Besar pengaruh promosi media sosial lebih tinggi dari pada promosi media non sosial.

The Effect of Social and Non-Social Media Promotion and Facilities on Purchasing Decisions at Coffeeshop in Banda Aceh City

Abstract. The coffeeshop business environment is currently experiencing significant growth, as evidenced by the proliferation of coffeeshops that offer similar products as competitors. This leads to intense competition to gain market share and customers. Coffeeshop businesses in such a situation have no choice but to accept this challenge or leave the market completely. Coffeeshops must have a thorough awareness of the market demand where their products are sold and promoted to overcome this problem. This research was conducted in the city of Banda Aceh, with a focus on coffeeshops. The research is a type of quantitative descriptive research in which the research data is in the form of numbers analyzed using statistical tests, then the results of the analysis will be described in the form of a narrative as it is. Furthermore, multiple linear analysis is carried out to describe the relationship between the dependent variable and the independent variable or variables that affect the dependent variable. Based on the results of the multiple linear analysis, simultaneously the variables of social media promotion, non-social media promotion, and facilities together have a significant effect on purchasing decisions at coffeshops in Banda Aceh City. Then from the results of partial calculations, the results show that the variables of social media promotion, non-social media promotion, and facilities also have a significant effect on purchasing decisions at coffeshops in Banda Aceh City.


Keywords


Promosi; Media Sosial; Fasilitas; Keputusan Pembelian; Promotion; Social Media; Facilities; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Harfaina, F. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek SA ’ I Yogyakarta)’, Jurnal Fakultas Ekonomi, (3), pp. 581–591.

Hariyanti, N.T. and Wirapraja, A. (2018) ‘Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur)’, Jurnal Eksekutif, 15(1), pp. 133–146.

Lesmana, H. (2021) ‘Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Cafe Teraswara Sidodadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan Serta Makanan Halal Sebagai Variabel Moderating’, 1(February), p. 6.

Marwan, R. (2021) ‘Pengaruh Promosi, Harga, dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Melalui Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Caffee Asteatic Joyo Grand Kota Malang’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 12–26.

Lestari, A., 2020. pengaruh promosi media sosial terhadap keputusan pembelian padabutik missyshop official di Kota Makassar. 21(1), pp.1–9.

Kurniasih, D., 2019. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), p.255.

Gama, A., Rustiarni, W. and Nita, P., 2016. ( Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). 11(1), pp.22–30.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i1.28968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id