Strategi Pemasaran Agroindustri Ubi Kayu di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar

Haniah Muframi, Edy Marsudi, Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan  eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran Agroindustri Ubi Kayu, menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Agroindustri Ubi Kayu dan rumusan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar Agroindustri Ubi Kayu di Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa  pada faktor internal yaitu kekuatan memiliki skor dengan nilai 1,77 dan kelemahan memiliki skor dengan nilai 1,57, sehingga jika dikurangkan maka hasilnya akan 0,20. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu peluang memiliki skor dengan nilai 1,71 dan ancaman memiliki skor dengan nilai 1,56, jika skor yang diperoleh dari peluang dan ancaman dikurangkan maka hasilnya akan 0,15. Hasil dari diagram analisis SWOT menunjukkan titik koordinat (0,20 : 0,15) hal ini menunjukkan  bahwa strategi pemasaran agroindustri ubi kayu di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar berada pada kuadran I yang merupakan suatu situasi yang nilai rata-ratanya menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.

Keywords


Strategi Pemasaran, Agroindustri Ubi Kayu, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Amalia, I.S., Dini Rochdiani, dan Budi Setia, 2020. Strategi Pemasaran Usaha Kerupuk Lepit Di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), pp.809–828..

Badan Pusat Statistik Aceh, 2015. Produksi (Ton) Tanaman Pangan 2013-2015. BPS Aceh.

Dewi, I.N. and Hapsari, E., 2019. Manfaat Ubi Kayu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Hidup Petani Hkm Wana Lestari I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil, 3(2), pp.136–147.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, 2020. Luas Areal Lahan Pertanian Kabupaten/Kota Provinsi Aceh Tahun 2010-2020.

Hindarti, S. and L.R.M., 2020. Agribisnis Bawang Merah. Yogyakarta: CV Budi

Utama.

Hodijah, S., I.K.S., and Dukat, D., 2018. Strategi Pemasaran Tahu Lamping ‘Cahaya

Rasa’ (Kasus di Home Industri ‘Cahaya Rasa’ Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan). Jurnal Agrijati, [online] 32(1), pp.22–35.

Mustafa, Amirul, Liosten R.R.U.T, Widyawati, and Eny H., 2022. Strategi Pengembangan Wisata Air D’ganjaran Desa Sambi Bulu Kabupaten Sidoarjo. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Setyorini, H., Masud, E., and Imam, S., 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), pp.46–53.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i1.28960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id