Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bitata Food
Abstract
Abstrak. Persaingan bisnis semakin ketat, sehingga membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba meningkatkan penjualannya. Perkembangan teknologi dan peningkatan data pengguna internet yang semakin meningkat setiap tahunnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Salah satu strategi pemasaran yang mengandalkan penyebaran informasi atau pesan melalui jejaring sosial dengan cara yang sangat cepat dan luas adalah viral marketing. Viral marketing dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan cepat dan efektif melalui penyebaran pesan yang menarik melalui media sosial dan platform berbagi konten lainnya. Salah bisnis kuliner di Aceh yang memanfaatkan viral marketing dalam penjualan produknya adalah Bitata Food dengan cara membuat konten video yang berisi informasi-informasi produk dan diupload di media sosial Bitata Food setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan viral marketing yang dilakukan oleh Bitata Food dan untuk mengetahui pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian konsumen Bitata Food. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha Bitata Food dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang responden. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dnn pengisian kuisioner. Analisis data menggunakan rumus lebar interval dan metode regresi ordinal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Bitata Food.
The Influence of Viral Marketing on Consumer Purchase Decisions at Bitata Food
Abstract. Business competition is getting tighter, making business people compete to increase their sales. Technological developments and increasing data on internet users which are increasing every year can be utilized by business people in promoting their products. One marketing strategy that relies on spreading information or messages via social networks in a very fast and widespread way is viral marketing. Viral marketing can influence consumer purchasing decisions quickly and effectively by spreading interesting messages via social media and other content sharing platforms. One of the culinary businesses in Aceh that uses viral marketing to sell its products is Bitata Food by creating video content containing product information and uploading it on Bitata Food's social media every day. This research aims to determine the implementation of viral marketing carried out by Bitata Food and to determine the influence of viral marketing on Bitata Food consumer purchasing decisions. The method used in this research is descriptive analysis method. This research was carried out at the Bitata Food business with a sample size of 95 respondents. Data collection techniques through observation, interviews and filling out questionnaires. Data analysis uses the interval width formula and ordinal regression method. Based on the research results, it can be concluded that viral marketing has a significant influence on Bitata Food consumer purchasing decisions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B.Libai, E.Muller and Peres,N, 2013. Decomposing the Value of Word-of-Mouth Seeding Programs: Acceleration versus Expansion. Journal of Marketing Research. 50(2), 161-176.
B.R.A. Febrilia, S. Rahayu dan B.D. Korida, 2020. Ordinal Logistic Regression Analysis of Factors Affecting the Length of Student Study. Journal Varian, 3 (2), 65-72.
Dumatri, A.C.A. and Indarwati, T.A., 2021. Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli pada Burger King Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 478.
Fadiya, A., Anggun, H. and Hero, F., 2021. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory Bandar Lampung. 3(1), 15–23.
Meiza, A, Hanifah, S, Natael Y dan Nurdin, F., 2020. Analisis Regresi Ordinal Untuk Melihat Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. Jurnal od Education, Psycology and Conseling, 2(1), 1-12.
Nurfadilaban Intan, 2023. Indentifikasi Faktor-Faktor Pengaruh Indeks Gini Ratio Menggunakan Regresi Logistik Ordinal. 2(1), 38-46.
Nuryadi. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gama Surya.
Sains, J., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E. and Denpasar, M., 2019. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen.1(2), 188–199.
Sari, R.K., 2019. Viral Marketing : Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Velia, V. and Candraningrum, D.A., 2019. Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG. Prologia. 3(2), 358.
Widodo, A., Telkom, U. and Pembelian, K., 2019. Efektifitas Viral Marketing Menggunakan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Effectiveness Of Viral Marketing Using Electronic Word Of. 6(2), 3955–3962.
Yulianti, E., Putri, H. and Sanjaya, V.F., 2021. Peran Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Melalui Media Promosi Akun Instagram. 9(4), 839–849.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i1.28957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id