Efisiensi Saluran Pemasaran Buah Jeruk Di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo

Fanda Prawira Gultom, Zulkarnain Zulkarnain, Agustina Arida

Abstract


Abstrak. Permasalahan yang sering terjadi pada sistem pemasaran buah jeruk adalah saluran pemasaran yang masih tidak terstuktur yaitu petani hanya mengandalkan pengumpul untuk pemasarannya. Dikarenakan keterbatasan modal yang dimiliki petani sehingga petani hanya dapat mengandalkan pengumpul untuk penjualan dan pemasaran buah jeruk. Sehingga pola saluran distribusi atau pemasaran petani jeruk di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo mengandalkan pengumpul untuk menjual hasil panennya. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui saluran pemasaran yang terjadi pada pemasaran buah jeruk di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo dan Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran buah jeruk di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah karo.  Jenis Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan produsen buah jeruk (petani), pedagang pengecer, pengulak serta lembaga pernasaran yang terlibat dalam pengisian kuesioner. Metode analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif yaitu metode untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai data primer dan data sekunder yang telah di kumpulkan. Terdapat dua pola saluran pemasaran jeruk di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo yaitu: Saluran Pemasaran I dan Saluran Pemasaran II Dari kedua saluran pemasaran tersebut saluran II memiliki margin terbesar yaitu sebesar Rp 20.000. Hal ini disebabkan banyaknya lembaga yang terkait dalam pemasokan buah jeruk di Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo. Untuk Saluran pemasaran I memiliki farmer share yaitu sebesar 40% sedangkan saluran pemasaran II sebesar 33,33%. Hal ini disebabkan dalam pemasaran buah jeruk pada saluran pemasaran I hanya melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer yang langsung menjual kepada konsumen akhir, sedangkan saluran pemasaran II melibatkan beberapa lembaya yaitu pengumpul, pengecer, hingga sampai ke konsumen akhir. Efisiensi saluran pemasaran I dan II yang digunakan oleh petani buah jeruk Kecamatan Merek Kabupaten Tanah karo termasuk dalam kategori efisiensi, efisiensi ini terutama disebabkan karena margin pemasaran yang tidak terlalu besar, sehingga hal ini berpengaruh terhadap efisiensi pemasarannya.

EFFICIENCY OF ORANGE FRUIT MARKETING CHANNELS IN TANAH KARO REGENCY

Abstrak. he problem that often occurs in the citrus fruit marketing system is that marketing channels are still unstructured, namely farmers only rely on collectors for marketing. Due to the limited capital that farmers have, farmers can only rely on collectors for selling and marketing orange fruit. So the distribution or marketing channel pattern of orange farmers in Brand District, Tanah Karo Regency relies on collectors to sell their harvest. This research aims to determine the marketing channels that occur in the marketing of orange fruit in the Brand District of Tanah Karo Regency and to determine the level of marketing efficiency of orange fruit in the Brand District of Tanah Karo Regency. The type of data used comes from primary data and secondary data. Primary data was obtained through interviews with orange fruit producers (farmers), retailers, wholesalers and research institutions involved in filling out the questionnaire. The data analysis method used in this research is qualitative and quantitative descriptive analysis. Qualitative descriptive analysis is a method for finding out and providing an overview of the primary data and secondary data that have been collected. There are two marketing channel patterns for oranges in Brand District, Tanah Karo Regency, namely: Marketing Channel I and Marketing Channel II. Of the two marketing channels, channel II has the largest margin, namely IDR 20,000. This is due to the many institutions involved in the supply of orange fruit in Brand District, Tanah Karo Regency. Marketing channel I has a farmer share of 40%, while marketing channel II is 33.33%. This is because the marketing of citrus fruit in marketing channel I only involves one marketing institution, namely retailers who sell directly to final consumers, while marketing channel II involves several institutions, namely collectors, retailers, and up to the final consumer. The efficiency of marketing channels I and II used by orange fruit farmers in Brand Subdistrict, Tanah Karo Regency is included in the efficiency category. This efficiency is mainly due to the marketing margin not being too large, so this affects marketing efficiency.

 


Keywords


Efisiensi; Farmer Share; Saluran pemasaran; Efficiency; Farmer Share; Marketing channels

Full Text:

PDF

References


Kai, Y., Baruwadi, M., & Tolinggi, W. K. (2016). Analisis Distribusi Dan Margin Pemasaran Usahatani Kacang Tanah Di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA : Jurnal Ilmiah Agribisnis, I(1), 71–78.

Lasitya, D. S., & Irwandi, P. (2022). Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Beras Di. 7(1), 94–102.

Noviansah, M. R., Arida, A., & Fauzi, T. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Pengolahan Kopi Bubuk Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Usaha Kopi Bubuk Solong Kopi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 4(4), 71-80.

Purnamasari, W., Rosalina, D., KS, I. L., & Anindya, D. A. (2022). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Buah Jeruk Di Desa Lau Riman Kabupaten Tanah Karo. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 7(1), 48.

Rosalina, D., & Zati, M. R. (2019). Analisis Daya Saing Jeruk Lokal Terhadap Jeruk Impor di Kabupaten Tanah Karo. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 26–33.

Sitorus, R. S. (2022). Analisis Pemasaran Jeruk Siam Madu (Citrus nobilis) (Studi Kasus: Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo). Journal Agribusiness Sciences, 05(02), 2615–6037.

Wahyuni, M. A., Kariada, K.-, & Darmawati, A. A. I. M. (2021). Analisis Distribusi Pasar dan Margin Pemasaran Gabah - Beras dalam Ketahanan Pangan di Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management), 9(2), 477.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i1.28731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id