Analisis Kepuasan dan Keputusan Konsumen Terhadap Konsumsi Ikan Laut di Kota Banda Aceh (Studi Kasus di Pasar Peunayong)

Aulia Shastya Putri, Zakiah Zakiah, Romano Romano

Abstract


Abstrak. Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani yang mengandung Omega 3, Omega 6, dan Omega 9. Perairan laut Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota di Indonesia yang berada di daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan dengan Selat Malaka. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen ikan laut dan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli ikan laut di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu Importance and Performance Analysis (IPA), and Customer Satisfaction Index (CSI), serta alat analisis Chi-Square untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kepuasan konsumen dalam kategori puas, ditunjukkan dengan nilai CSI 75,58% atau 0,75; (2) Faktor harga dan kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli ikan laut di Kota Banda Aceh.

 

Kata kunci : Ikan laut, Kepuasan, Keputusan, Konsumen, Harga, Kualitas Produk

 

Analysis of Satisfaction and Customer Decisions of Marine Fish in Banda Aceh 

( A Case Study at Peunayong Market )

Abstract. Fish as a source of animal protein which contains Omega 3, Omega 6, and Omega 9. Indonesian seas have a high biodiversity. Banda Aceh is one of the cities in Indonesia are located in coastal areas directly adjacent to the Malacca Straits. The purpose of this study was to determine the level of customer satisfaction marine fish and to identify factors that influence consumer decisions to buy marine fish in Banda Aceh. This research was conducted by survey method. The analytical method used is quantitative analysis that is of Importance and Performance Analysis (IPA), and Customer Satisfaction Index (CSI,, and then Chi-Square test to find out the factors that affects purchasing decisions consumer. The results showed that: (1) The level of customer satisfaction in the category are satisfied, is shown by a value of CSI is 75.58% or 0.75; (2) Factors that affects is the price and quality of products in the consumer's decision to buy marine fish in Banda Aceh.

 

Keywords: Marine Fish, Satisfaction, Decision, Customer, Price, Quality of Product


Keywords


Ikan laut; Kepuasan; Keputusan; Konsumen; Harga; Kualitas Produk; Marine Fish; Satisfaction; Decision; Customer; Price; Quality of Product;

Full Text:

PDF

References


Aditiawarman, B. P. 2000. Pengukuran Tingkat Kepuasan dan Identifikasi Ketidakpuasan Pelayanan (Studi Kasus : Saving and Lending Unit Sucofindo). Skripsi Departemen Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

BPS. 2015. Banda Aceh Dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik.

BPS. 2016. Statistika Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Guba, E. G., dan Lincoln, Y. S. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. Sage Publication.

Hawkins, dan Lonney. 2003. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan Terhadap Merk Pada Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Malang.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Mediaaceh.co. 2016. http://mediaaceh.co/news/harga-ikan-di-banda-aceh-mulai-turun-kecuali-bandeng-10949/. Diakses pada 24 September 2016.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2016. Berita Analisis Angka Konsumsi Ikan 2010 – 2015. http://statistik.kkp.go.id/sidatikdev/Berita/Analisis%20Angka%20Konsumsi%20Ikan%202010-2015.pdf. Diakses pada 22 Desember 2016.

Khomsan, A., dan Anwar, F. 2004. Manfaat Omega-3, Omega-6, dan Omega-9 dalam Peranan Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. PT. Gramedia Widiasarana. Jakarta.

Komunitas Mancing Mania. 2011.Pengaruh Fase Bulan Untuk Mancing. http://komunitasmancinggie.blogspot.co.id/2011/11/blog-post.html?m=1. Diakses Pada 22 Desember 2016.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. PT.Prenhallindo. Jakarta.

Suprapto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id