Identifikasi Margin dan Efisiensi Pemasaran Sapi Potong Di Pasar Hewan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur

M. Syawal, Hendra Koesmara, Asril Asril

Abstract


Abstrak. Aceh Timur adalah salah satu daerah di Provinsi Aceh yang mempunyai kemampuan untuk budidaya ternak sapi potong. “Geulanggang” adalah Pasar Tradisional yang terletak di Buket Pala Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur sebagai tempat transaksi jual beli yang terjadi seminggu sekali setiap hari Senin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran sapi potong di pasar hewan Idi Rayeuk Aceh Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023 di Kabupaten Aceh Timur, Kecamatan Idi Rayeuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survei untuk memperoleh data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner yang telah disediakan. Jumlah sampel yang diperoleh 33 responden yang terdiri dari 10 peternak, 6 blantik, 10 pedagang pengumpul dan 7 konsumen. Pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Idi Rayeuk tidak dilakukan secara langsung oleh peternak akan tetapi melalui perantara yang terdiri dari 3 tipe saluran pemasaran yaitu Peternak-Blantik-Konsumen, saluran II yaitu Peternak-Pedagang pengumpul-Blantik-Konsumen dan saluran III yaitu Peternak-Pedagang pengumpul-Konsumen. Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran III dengan persentase sebesar 3,32%. Margin pemasaran yang paling besar yaitu saluran pemasaran II dengan rata-rata sejumlah Rp2.583.333/ekor.

 

Kata kunci: Aceh Timur, Pemasaran, Sapi Potong

 

Abstract. Aceh Timur is one of the areas in Aceh Province that has the capacity of raising beef cattle. "Geulanggang" is a traditional animal market located in Buket Pala, Idi Rayeuk District, Aceh Timur Regency as a place for animal trading which occurs once a week every Monday. The aim of this research is to determine marketing channels, marketing margins and marketing efficiency of beef cattle at the Idi Rayeuk traditional animal market, Aceh Timur. This research was carried out in July-August 2023 in Aceh Timur Regency, Idi Rayeuk District. The method used in this research as survey method to obtain primary and secondary data. Primary data was obtained from observations and direct interviews using the questionnaire provided. The total sample obtained was 33 respondents consisting of 10 farmers, 6 brokers, 10 collector traders and 7 consumers. Marketing of beef cattle at the Idi Rayeuk Animal Market is not carried out directly by farmers but through intermediary traders farmers consisting of 3 types of marketing channels, namely Farmers-Broker-Consumers, channel II, namely Farmers-collectors traders-Broker-Consumers, and channel III, namely Farmers-Collector traders-Consumer. The most efficient marketing channel is marketing channel III with a percentage of 3.32%. The largest marketing margin is marketing channel II with an average of Rp2.583.333/head.

Keywords: Aceh Timur, Marketing, Beef Cattle


Keywords


Aceh Timur, Pemasaran, Sapi Potong

Full Text:

PDF

References


Aziz, Y., and Husin, I. 2021. Efisiensi Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Journal of Agricultural Socio-Economics, 2(1), pp.17– 24.

Emhar, A., Aji, J. M., and Agustina, T. 2014. Analisis Rantai Pasokan (Supply Chain) Daging Sapi Di Kabupaten Jember. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(3), pp.55–61.

Fadli, K. M., C., Gustiana, and Saragih, F. 2022. Pengaruh Aspek Perilaku Terhadap Pendapatan Peternak Sapi Aceh (Bos-Bibos) Di Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), pp.3709–3718.

Halidu, J., Saleh, Y., and Ilham, F. 2021. Identifikasi Jalur Pemasaran Sapi Bali Di Pasar Ternak Tradisional. Jambura Journal of Animal Science, 3(2), pp.135–143.

Ilham. 2008. Kebijakan pengendalian harga daging sapi nasional. Analisis Kebijakan Pertanian, 7(3), pp.211–221.

Jumiati, E., Dwidjono, H., Slamet, H., and Masyuri. 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Margin Pemasaran Kelapa Dalam Di daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal AGRIFOR, 12(1), pp.1–20.

Lasaharu, N., Nibras, K., and Yuriko, B. 2020. Analisis Pemasaran Sapi Potong. Jurnal of Animal Science, 2(2), pp.2855–2280.

Manyamsari, I. and Mujiburrahmad. 2014. Karakteristik Petani dan Hubungannya dengan Perilaku Petani Lahan Sempit. Agrisep, 15(2), pp.75–76.

Merweer, D., Jesajas, H., and Matatula, M. J. 2022. Analisis Saluran Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. Jurnal Agrokompleks Tolis, 2(1), pp.9–13.

Prasetyo, D., A. Sari, Esmawati, S., Rahayu, E., and Purnomo, S. 2015. Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Jurnal Sains Peternakan, 13(12), pp.65–72.

Prawira, Y., Muhtarudin, and Rudi, S. 2015. Potensi Pengembangan Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selada. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 3(4), pp.250–255.

Rianto, E., and Purbowati, E. 2010. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya : Jakarta.

Syafi’i. 2008. Buku Panduan Praktikum Tataniaga Pertanian. Laboratorium Manajemen Agribisnis : Jember.

Syamsidar. 2012. Analisis Pendapatan Pada Sistem Integrasi Tanaman Semi ternak Sapi Potong (Integrated Farming System) DiKecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin.

Tadeta, M., Elly, F., Kalangi, L., and Hardju. 2016. Pengaruh Pendapatan Masyarakat Terhadap Konsumsi Daging Sapi Di Desa Kotabunan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Zootek, 36(2), pp.363–371.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.28503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id