Perbedaan Teknik Penyadapan Nira Aren (Arenga pinnata)(Studi Kasus: Kecamatan Pining, Dabun Gelang dan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues)

Arlina Yusnaini, Astri Winda Siregar, Ryan Moulana

Abstract


Aren (Arenga pinnata) merupakan salah satu tumbuhan palma yang dapat tumbuh dengan baik di Aceh. Aren memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat beragam baik dari sisi ekologi (konservasi) maupun dari sisi ekonomi. Salah satu manfaat aren yang menghasilkan nilai ekonomi adalah nira aren. Nira aren merupakan cairan yang berasal dari proses penyadapan pada bunga jantan ataupun bunga betina pada aren. Teknik penyadapan nira aren biasanya akan berbeda-beda di setiap daerah. Kecamatan Pining, Kecamatan Kutapanjang, dan Kecamatan Dabun Gelang merupakan 3 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh yang memiliki petani yang menyadap nira aren dan teknik penyadapannya belum pernah didokumentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik penyadapan nira aren dan jumlah produksi nira aren di Kecamatan Pining, Kecamatan Dabun Gelang, dan Kecamatan Kutapanjang. Alat dan bahan yang digunakan adalah GPS, laptop, gelas ukur, timbangan, kamera, alat tulis, lembaran kuesioner, tanaman aren, dan nira aren. Penelitian dilakukan dengan melakukan orientasi lapangan untuk mengetahui lokasi penelitian sebagai tahap pendahuluan. Setelah masing-masing lokasi diketahui, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan pada tahap persiapan penyadapan nira aren dan proses penyadapan, kemudian mendokumentasikannya. Kegiatan ini juga disertai dengan melakukan wawancara untuk mengetahui jumlah rata-rata nira aren pada setiap kali penyadapan. Hasil pengamatan diperoleh teknik penyadapan nira aren (Arenga pinnata) di ketiga kecamatan umumnya sama. Perbedaan terletak pada jumlah ayunan pada saat pemukulan tandan dan pembacaan sholawat pada saat memeriksa bunga yang sudah mekar. Rata-rata produksi nira aren yang paling banyak terdapat di Kecamatan Kutapanjang yaitu sebanyak 16,7 liter/hari diikuti dengan Kecamatan Pining sebanyak 16 liter/hari dan Kecamatan Dabun Gelang sebanyak 11,6 liter/hari.


Keywords


nira aren, produksi, HHBK, teknik penyadapan, Gayo Lues

Full Text:

PDF

References


Assah YF, Indriaty F. 2018. Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Gula Cair dari Nira Aren. Jurnal Penelitian Teknologi Industri. 10(1): 1 – 10.

Dewi IK, Indriyanto, Asmarahman C. 2022. Produksi Nira Aren di Areal Garapan Kelompok Tani Hutan Harapan Baru I dalam Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Wanamukti. 25(1): 26 – 35.

Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues. 2019. Agriculture Services of Gayo Lues Regency.

Fatriani, Sunardi, Prayudi FNS. 2012. Pengaruh Umur Pohon Aren (Arenga pinnata Merr) terhadap Produksi Nira di Desa Pulantan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Hutan Tropis. 13(1): 11 – 17.

Ferita I, Tawarati, Syarif Z. 2015. Identifikasi dan Karakterisasi Tumbuhan Enau (Arenga pinnata) di Kabupaten Gayo Lues. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 20(1) : 31-37.

Hidayah N, Hermawan A, Suseno SH, Suryadarma P, Nugroho DA. 2019. Identifikasi Aren untuk Memetakan Potensi Bahan Baku Gula Semut yang Berkelanjutan di Dusun Gunungsurat, Pekalongan. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat.1(1): 1 – 6.

Jariah SNA. 2022. Teknik dan Produktivitas Penyadapan Nira Aren (Arenga pinnata Merr) di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maron. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Lempang M. 2012. Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Buletin Eboni. 9(1): 37 – 54.

Lubis. 2013. Pengaruh Penambahan Konsentrasi Bahan Pengawet Alami pada Nira Aren Selama Penyimpanan terhadap Mutu Gula Aren Cair. J. Rekayasa Pangan dan Pert. 1(4): 76 – 82.

Mashud N, Maliangkay RB, Nur M. 2013. Pengaruh Pemupukan terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Aren Belum Menghasilkan. Buletin Palma. 14 (1): 13 – 19.

Mashud N, Matana Y. 2014. Produktivitas Nira Beberapa Aksesi Kelapa Genjah. Buletin Palma. 15(2): 110 – 114.

Muchtadi TR, Syugiono, Ayustaningwarno F. 2010. Ilmu Pengetahun Bahan Pangan. Alfabeta. Bandung

Naufalin R, Yanto T, Binardjo AG. 2012. Penambahan Konsentrasi Ca(OH)2 dan Bahan Pengawet Alami untuk Peningkatan Kualitas Nira Kelapa. Jurnal Pembangunan Pedesaan. 12(2): 86-96.

Surya E, Ridhwan M, Armi, Jailani, Samsiar. 2018. Konservasi Pohon Aren (Arenga pinnata Merr) dalam Pemanfaatan Nira Aren terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Padang Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues. Bionatural. 5: 34 – 45




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.28201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id