Penilaian Sensori Berbagai Produk Pliek U Menggunakan Metode Fuzzy Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA)

Raida Agustina, Agus Arip Munawar, Khalis Firnanda

Abstract


Penilaian konsumen terhadap mutu produk sebuah Pliek-U merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas Pliek-U untuk dapat diterima oleh konsumen. Untuk mengetahui hal tersebut biasanya dapat dilakukan dengan cara memberikan kuisioner melalui uji sensori kepada sejumlah panelis. Namun metode tersebut kurang efisien karena membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan penilaian mutu Pliek-U. Oleh karena itu, tujuan penelitian dengan metode penilaian penerimaan konsumen terhadap produk Pliek-U dengan menggunakan metode Fuzzy Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) agar mempermudah pengambilan keputusan yang ada dengan hasil yang sama dalam kategori yang berbeda dengan berdasarkan multi-kriteria sensory meliputi aroma, warna, rasa, tekstur, aftertaste, defect dan penerimaan keseluruhan. Ada 7 (tujuh) Pliek-U komersial yang digunakan dalam penelitian yaitu P1, P2, P3, P4, P5, P6 dan P7. Dilakukan dengan cara memberikan kuisioner melalui uji sensori kepada 50 panelis konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa Pliek-U P3 menjadi Pliek-U komersial terbaik dan memiliki level kesukaan tertinggi dimana terdapat aroma yang khas dari Pliek-U, warna coklat kehitaman, rasa yang tidak terlalu asam, tekstur yang bagus, aftertaste yang cukup enak, rendahnya defect, dan secara keseluruhan disukai oleh panelis konsumen, sedangkan Pliek-U komersial yang kurang baik terdapat pada Pliek-U P7 yang memilki level kesukaan terendah

The consumer's assessment of the quality of a Pliek U is one of the important factors in determining the quality of a Pliek U to be accepted by consumers. To find out this can usually be done by giving questionnaires through sensory tests to panelists. However, this method is less efficient because it takes a long time to obtain a quality assessment of Pliek U. Therefore, the aim of the research is to evaluate consumer acceptance of Pliek U products using the Fuzzy Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) method. in order to facilitate existing decision making with the same results in different categories based on multi-sensory criteria including aroma, color, taste, texture, aftertaste, defects and overall acceptance. There are 7 (seven) commercial Pliek-Us used in the research, namely P1, P2, P3, P4, P5, P6 and P7. This was done by giving questionnaires through sensory tests to 50 consumer panelists. Based on the results of the research conducted, it was found that Pliek-U P3 is the best commercial Pliek-U and has the highest level of liking where there is a distinctive aroma of Pliek-U, blackish brown color, taste that is not too sour, good texture, sufficient aftertaste delicious, low defects, and overall liked by consumer panelists,, while the commercial Pliek U that is not good is found in Pliek-U P7 which has the lowest level of preference.


Keywords


Pliek U, Analisis Sensori, Fuzzy MOORA

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., and Munawar, A.A. 2019. Electro-optic propertis of dried Pliek U powder: local ingredients from Aceh. IOP Conference Series: Earth and Environmental Sciences. 365.

Agustina, R., Fadhil, R., & Rahma, Z. (2023). Uji Citarasa Produk Pliek U Komersial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(1), 313-319.

Akbar, A. A. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process Terhadap Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 111-114.

Fadhil, R., Sulaiman, M. I., & Farhan, M. R. (2022). Decision-making system for acceptance of gayo arabica coffee steeped products with a mixture of herbs using the MOORA method. International Journal of Design & Nature and Ecodynamics, 17(2), 263-271.

Hayati, R., A. Marliah dan F. Rosita. 2012. Sifat kimia dan evaluasi sensori bubuk kopi arabika. Jurnal Floratek. 7: 66 – 75.

Linangsari, T., Sandri, D. and Lestari, E., 2022. Evaluasi Sensori Snack Bar Talipuk Dengan Penambahan Tepung Pisang Kepok (Musa paradisiaca forma typica) pada Panelis Anak-anak dan Dewasa:. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 8(2), pp.213-221.

Mandal, U.K. and Sarkar, B., 2012. Selection of best intelligent manufacturing system (ims) under fuzzy moora conflicting mcdm environment. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 2(9), pp.301-310.

Mustaqimah., R.Agustina, R. Fadhil, I. Zuhdi dan Devianti 2019. Study on physical characteristics of Pliek u: comparisons among fermentation stages. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 365 012045. 1-5.

Rahmawati, Y. D., Solikhin, A., & Fera, M. (2020). Uji organoleptik tepung ampas tahu dengan variasi lama pengeringan. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 2(01), 11-17.

Rinaldi, R., Samingan, & Iswadi., 2016. Isolasi dan Identifikasi Jamur pada proses pembuatan pliek u. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2016. Banda Aceh : 273- 280.

SCAA. 2015. Cupping Specialty Coffee. Published by the Specialty Coffee Association of America. 1-10.

S.Rosalinda, Tio Febriananda, Sarifah Nurjanah. 2021. Penggunaan Berbagai Konsentrasi Kulit Buah Pepaya dalam Penurunan Kadar Kafein pada Kopi 15 (1), 33.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.28100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id