Analisis Perbandingan Risiko Usahatani Padi Menggunakan Berbagai Teknik Budidaya Dengan Pendekatan Simulasi Monte Carlo Di Kabupaten Aceh Tengah

Selly Novita, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah, Sofyan Sofyan

Abstract


Beras merupakan tanaman pangan utama yang dikonsumsi oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang masyarakatnya menghasilkan tanaman padi dengan kondisi lahan pertanian yang berlumpur Usahatani padi biasanya melibatkan banyak risiko dan ketidakpastian. Risiko bagi petani padi berupa risiko hasil atau produksi, risiko fluktuasi harga jual gabah, dan risiko pendapatan. Selain kondisi alam, produksi padi sawah dipengaruhi oleh minimnya penerapan teknik budidaya padahal sudah dilakukan berbagai upaya seperti menggunakan bibit bersertifikat, jarak tanam, pemilihan lahan, pupuk, herbisida, dan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan risiko usahatani padi pada berbagai teknik budidaya padi di Kabupaten Aceh Tengah, dan melihat teknik budidaya padi mana yang memiliki risiko kerugian paling kecil baik pada saat masa panen maupun di luar masa panen. Penelitian dilakukan di Kabupaten Aceh Tengah pada 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Celala, Kecamatan Pegasing, dan Kecamatan Silih Nara yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Snowball Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu Simulasi Monte Carlo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 teknik budidaya yang diterapkan oleh petani di Kabupaten Aceh Tengah yang dapat digolongkan menjadi 4 kelompok yaitu teknik budidaya 1, teknik budidaya 2, teknik budidaya 3, dan teknik budidaya 4. Hasil simulasi Monte Carlo menunjukkan bahwa berdasarkan risiko kerugian terkecil dari berbagai teknik budidaya, yang direkomendasikan yaitu teknik budidaya 2 karena memperoleh nilai probabilitas paling kecil yaitu sebesar 1%, sedangkan peluang pendapatan paling tinggi terdapat pada teknik budidaya 4 yang direkomendasikan karena memperoleh nilai maksimum paling tinggi.


Keywords


Risiko, padi, teknik budidaya, monte carlo

Full Text:

PDF

References


Arif, B. (2021). UPAYA PEMANFAATAN AIR TANAH DALAM UNTUK IRIGASI LAHAN KERING DI DESA DAHA KECAMATAN HU’U KABUPATEN DOMPU. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Hadi, A. A., Yusnizar, Y., & Khalil, M. (2023). Pengaruh Kombinasi Biochar Sekam Padi dan Pupuk Kotoran Kambing aterhadap N-Total Tanah dan Tinggi Tanaman Padi INPARI-36. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(1), 364–368.

Kadigi, I. L., Mutabazi, K. D., Philip, D., Richardson, J. W., Bizimana, J.-C., Mbungu, W., Mahoo, H. F., & Sieber, S. (2020). An economic comparison between alternative rice farming systems in Tanzania using a Monte Carlo simulation approach. Sustainability, 12(16), 6528.

Khairullah, I., & Saleh, M. (2020). Teknologi budidaya tradisional padi varietas lokal Di lahan rawa pasang surut (Studi Kasus Di Kalimantan Selatan). Jurnal Pertanian Agros, 22(2), 168–179.

Killa, Y. M., Simanjuntak, B. H., & Widyawati, N. (2019). Penentuan Pola Tanam Padi dan Jagung Berbasis Neraca Air di Kecamatan Lewa Kabupaten Sumba Timur. Agritech, 38(4), 469–476.

Listiani, R., Setiadi, A., & Santoso, S. I. (2019). Analisis pendapatan usahatani pada petani padi di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 50–58.

Ningsih, E. M. N. (2014). Macam Teknik Budidaya Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.). J. Agroland, 21(2), 62–68.

Pello, W. Y., Renoat, E., & Banunaek, M. F. (2019). The Effect of Agricultural Extension Agent’s Role and Motivation on Wet-Rice Cultivation Technology Innovation in East Kupang Sub District of Kupang Regency of East Nusa Tenggara Province. Jurnal Penyuluhan, 15(2), 184–194.

Purbata, A. G., Hadi, S., & Tarumun, S. (2020). Analisis perbandingan efisiensi produksi padi sawah: antara sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional. Jurnal Ilmiah Pertanian, 16(2), 76–87.

Sutopo, E. Y., & Slamet, A. (2017). Statistik inferensial. Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.28016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id