Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Coffee Shop (Studi Kasus Haloji Coffee dan Kopisui) Di Kabupaten Aceh Tamiang
Abstract
Abstrak. Saat ini, usaha coffee shop sudah banyak dan terus berkembang di Indonesia. Semakin banyak jumlah coffee shop tentu saja mempengaruhi keseimbangan bisnis di industri coffee shop, dikarenakan meningkatnya keberadaan para pesaing bisnis. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan dan profitabilitas dalam bisnis dengan mempengaruhi keputusan pembelian terhadap pelanggan. Keputusan konsumen sangat dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga yang ditawarkan, fasilitas yang ditawarkan, kebersihan dan kerapihan, suasana coffee shop dan kestrategisan lokasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui preferensi konsumen terhadap dua coffee shop (Haloji coffee dan Kopisui) di Kabupaten Aceh Tamiang.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2023 di Haloji Coffee dan Kopisui dengan total populasi sebanyak 195.219 orang yang merupakan penduduk di Aceh Tamiang yang berumur 15-59 tahun. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik random sampling (sampel acak) menggunakan accidental sampling (teknik penentuan sampel bedasarkan kebetulan). Data dianalisis menggunakan metode analisis uji Mann Whitney U dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS).Pada atribut suasana coffee shop, hasil uji Mann Whitney diketahui nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan suasana antara Haloji Coffee dan Kopisui. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan responden pada Haloji Coffee sebanyak 15 menyatakan kurang menarik dan 85 menyatakan menarik. Pada Kopisui sebanyak 36 responden menyatakan kurang menarik dan 64 menyatakan menarik. Maka dapat diartikan bahwa Haloji Coffee memiliki suasana yang lebih menarik dari Kopisui. Jumlah pengunjung pada Haloji Coffee dan Kopisui lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan 100 orang responden, sebanyak 61 orang responden dengan persentase 61% merupakan laki-laki. Sedangkan responden perempuan sebanyak 39 orang dengan persentase 39%.
Abstract. Currently, there are many coffee shop businesses and continue to grow in Indonesia. The increasing number of coffee shops of course affects the business balance in the coffee shop industry, due to the increasing presence of business competitors. One way to maintain balance and profitability in business is by influencing customer purchasing decisions. Consumer decisions are greatly influenced by product quality, service quality, price offered, facilities offered, cleanliness and tidiness, coffee shop atmosphere and strategic location. The purpose of this research is to analyze and determine consumer preferences for two coffee shops (Haloji coffee and Kopisui) in Aceh Tamiang Regency. This research was carried out in February and March 2023 at Haloji Coffee and Kopisui with a total population of 195,219 people who are residents of Aceh Tamiang aged 15-59 years. The sample taken in this study was 100 people using a random sampling technique using accidental sampling (a technique for determining samples based on chance). Data were analyzed using the Mann Whitney U test analysis method with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) program. In the coffee shop atmosphere attribute, the Mann Whitney test results show that the p-value is 0.000 < 0.05, meaning there is a difference in the atmosphere between Haloji Coffee and Kopisui. This can be seen from the respondents' responses to Haloji Coffee, with 15 stating it was not attractive and 85 stating it was interesting. In Kopisui, 36 respondents said it was not interesting and 64 said it was interesting. So it can be interpreted that Haloji Coffee has a more interesting atmosphere than Kopisui. The number of visitors to Haloji Coffee and Kopisui is more men than women. This was proven by 100 respondents, 61 respondents with a percentage of 61% were men. Meanwhile, there were 39 female respondents with a percentage of 39%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajijah, N. (2019). Analisis Curahan Waktu Kerja Rumah Tangga Petani Pada Usahatani Kopi Arabika Di Kabupaten Aceh Tengah Dan Bener Meriah. ETD Unsyiah. A
Amir, N. H., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2017). Analisis usaha tani kopi di kelompok tani hutan giri senang Desa Giri Mekar Kabupaten Bandung. Jurnal ilmiah mahasiswa agroinfo galuh, 3(3), 472-479.
Asioli, D., N, T., Øvrum, A., & Almli, V. L. (2016). Comparison of Rating-Based and Choice-Based Conjoint Analysis Models. A Case Study Based On Preferences for
Dian, F. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen dan E-loyalty Terhadap E-wallet OVO
Hamni, A. Ibrahim, Gusri Akhyar. Harun & Suryadiwansa. (2014). Impementasi system gasifikasi untuk pengeringan biji kopi. Jurnal Mechanical, 5 (1), 21-25. Artikel online tanpa DOI
Kotler, Philip. Gary Armstrong. 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. Gary Armstrong. 2003. Dasar – Dasar Pemasaran. 9th ed. PT Indeks Kelompok ..Gramedia, Jakarta
Listyari NPW. 2006. “Analisis Keputusan dan Pembelian Konsumen Coffee Shop De Koffie – Pot”. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor. M
Loo, E. J. Van, Caputo, V., Jr, R. M. N., Seo, H.-S., Zhang, B., & Verbeke, Wi. (2015). . Sustainability Labels On Coffee : Consumer Preferences, Willingness-To-Pay and . Visual Attention to Attributes. Ecological Economics, 118, 215–225. . https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2015.07.011
Psychogios, A., & Garev, S. (2012). Understanding Complexity Leadership Behavior in . Smes: Lessons From a Turbulent Business Environment, Emergence: Complexity . & Organization, 14, 1–22
Rochaeni, S. (2013). Analisis Persepsi, Kesadaran, dan Preferensi Konsumen Terhadap . Buah Lokal. Agribisnis, 7(1), 91–104.
Saefudin Bobby Rachmat. (2020). Kajian Pembanding Preferensi Konsumen Dua Kedai ……..Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor.
Seto Baghaskoro. (2021). Studi Perancangan Atribut Coffee Colada Bedasarkan Analisis . Preferensi Konsumen Menggunakan Conjoint Analysis.
Sumarwan, Megawati Simanjuntak, Yurita. 2012. Persepsi Dan Preferensi Iklan . Mempengaruhi Niat Beli Anak Pada Produk Makanan Ringan. Jur. Ilm. Kel. & . Kons., Agustus 2012, p : 185-192. Vol. 5, No. 2. Penerbit: Departemen Ilmu . Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, . Bogor.16680,.Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.27886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id