Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik di Kota Banda Aceh

Mohamad Rizky Adriansyah, Zulkarnain Zulkarnain, Teuku Fauzi

Abstract


Sayuran hidroponik yang sudah organik merupakan salah satu komoditi sayuran yang memiliki keunggulan yaitu sayuran yang bebas dari residu maupun bahan kimia. Selain tu sayuran hidroponik juga mampu berproduksi lebih tinggi dan lebih bersih dibandingkan sayuran konvensional, karena sayuran hidroponik dibudidayakan melalui nutrisi berupa cairan yang mampu diserap oleh tanaman lebih cepat sehingga mempercepat pula proses pemanenan. Tujuan dari penelitian ni adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut sayuran hidroponik di Kota Banda Aceh. Penelitian ni menggunakan metode analisis konjoin.Data yang digunakan dalam penelitian ni adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ni dilakukan di Kota Banda Aceh pada tanggal 19 – 25 Juni 2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan jumlah responden 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan preferensi konsumen terhadap sayuran hidroponik di Kota Banda Aceh yaitu sayuran dengan Harga yang kurang dari Rp 10.000, berwarna hijau muda dengan daun tidak berlubang dan kesegaran yang kurang dari 3 hari serta atribut utama yang dipilih oleh konsumen berupa tampilan fisik sayuran, harga, warna, dan kesegaran sayuran.

Keywords


Preferensi konsumen; sayuran hidroponik; analisis conjoint

Full Text:

PDF

References


Adelawati, K. 2020. Analisis konjoin preferensi konsumen terhadap sayuran hidroponik di brastagi supermarket medan. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan

Anggraini, F. and Abadi, S., 2023. Mimbar Agribisnis : ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYURAN HIDROPONIK ( Studi Kasus Pelanggan Supermarket Total Buah Segar , Kecamatan Bekasi Utara , Kota Bekasi ) CONSUMER PREFERENCE ANALYSIS OF ORGANIC ( Case Study of Total Buah Segar Superma. 9(1), pp.1–13.

Anggiasari, N.M. 2016. Sikap dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik oleh Konsumen di Kota Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Armiriawan, Faizal Nikto., Kusnandar., Setyowati. 2021. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Surakarta. Agrista: Vol 9 No 2.

Basith, A. and Fadhilah, F., 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(3), pp.192–203.

Choirunnisa and Arifin, Z., 2021. Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik Dan Sayuran Non Hidroponik Di Kota Malang. JU-ke ( Jurnal Ketahanan Pangan ), [online] 5(2), pp.65–75. Available at: .

Daud, M., Handika, V. and Bintoro, A., 2018. Design and realization of fuzzy logic control for Ebb and flow hydroponic system. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(9), pp.138–144.

Darmawan, D., 2017. Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Jurnal Agrimas, 1(1), pp.1–10.

Fajarani, E., Wildayana, E., & Putri, N. E. 2021. Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan PembelianSayuran Hidroponik di Supermarket Diamond Kota Palembang. Jurnal KaliAgri, 2(1), 38–50

Firda, Ismasabila. J. 2016. Pengaruh Persepsi Keragaman Produk, Persepsi Harga, dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Un Pgri Kediri). Skripsi. Universitas Nusantara Pgri Kediri




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.27857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id