PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENYEDUHAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEH VARIAN JASMINE

Dinda Sasmitha, Juanda Juanda, Yuliani Aisyah

Abstract


Teh adalah minuman yang sangat dikenal dan digemari oleh berbagai kalangan.Terdapat banyak jenis teh salah satunya adalah teh jasmine. Teh jasmine ini dikenal sebagai salah satu jenis teh terpopuler di daerah Sumatera Barat. Teh jasmine memiliki aroma seperti bunga melati, dimana aroma ini sangat disukai oleh masyarakat. Selain karena aromanya yang harum, teh jasmine juga memiliki rasa yang ringan di lidah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak suhu dan durasi proses penyeduhan terhadap kualitas dan rasa dari varian teh bunga melati yang diproduksi oleh PT. Mitra Kerinci, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor, yaitu suhu penyeduhan dan waktu penyeduhan. Faktor suhu penyeduhan terdiri dari tiga tingkat: S1= 60 ˚C, S2= 70 ˚C, dan S3= 80 ˚C. Sedangkan faktor waktu penyeduhan juga terdiri dari tiga tingkat: W1= 2 menit, W2= 6 menit, dan W3= 10 menit. Beberapa parameter yang akan dianalisis dalam penelitian ini mencakup total fenol, kadar tanin, dan aktivitas antioksidan dari teh yang dihasilkan. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah pada waktu penyeduhan 2 menit dan suhu penyeduhan 60 °C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total fenol berkisar antara 16,53 – 27,27 mg dengan nilai rerata sebesar 22,98 (mg GAE/g), nilai kadar tanin berkisar antara 0,10–0,23 mg/kg dengan nilai reratanya senilai 0,17 mg/kg. Nilai aktivitas antioksidan berkisar antara 46,80 - 97,60% dan nilai reratanya senilai 70,95 %. Oleh karena itu, berdasarkan data yang telah di identifikasikan dapat kita simpulkan bahwa suhu dan waktu mempengaruhi karakteristik teh jasmine.

Keywords


jasmine, penyeduhan, suhu, teh, waktu

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. A. 2006. Kimia Bahan Alam dan Potensi Keanekaragaman Hayati. Paper Presented at Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia Pengelolaan dan Penelitian Potensi Keanekaragaman Hayati, Padang.

Anwariyah, S. 2011. Kandungan Feno, Komponen Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan Lamun Cymodocea Rotundata. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Aggraini, T., D. Silvy. S.D. Smanto dan F. Azhar. 2014. Pengaruh Penambahan Pepermint (Mentha piperita, L.) Terhadap Kualitas Teh Daun Pegagan (Centella asiatica, L. Urban). Jurnal Nitbang Industri. 4(2). pp.79-88.

Chadijah, S., Musdalifah. Qaddafi, M., Firnanelty. 2021. Optimalisasi Suhu Dan Waktu Penyeduhan Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis L.) Terhadap Kandungan Antioksidan Kafein, Katekin Dan Tanin. Journal Of Pharmacy. 1(1). pp.59-65.

Eggy, I. W., Putra, P.P., Wrasita, L. P., dan Wartini, I. M. 2020. Pengaruh Suhu Awal dan Lama Penyeduhan terhadap Karakteristik Sensoris dan Warna Teh Putih Silver Needle (Camellia assamica). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 8 (4). pp.492-501.

Jayanti, A. S. A. 2019. Pengaruh Variasi Suhu Pengeringan Terhadap Aktivitas Antioksidan Teh Daun Kumis Kucing. Skripsi. Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.

Lararenjana, E. 2020. Jenis Minuman Teh Paling Populer, Kaya Manfaat untuk Kesehatan. https://www.merdeka.com/jatim/jenis-minuman-teh-paling-populer-dan-kaya-manfaat-kesehatan-kln.html.

Prabawati, I.R. 2015. Karakterisasi Teh Berbahan Dasar Teh Hijau, Kulit Lidah Buaya dan Jahe dengan Variasi Komposisi dan Suhu Penyeduhan. Skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember, Jember.

Rakhmawati, R dan Yunianta. 2015. Pengaruh Proporsi Buah: Air dan Lama Pemanasan terhadap Aktivitas Antioksidan Sari Buah Kedondong. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 3(4). pp.1682-1693

Windono, T., Soediman, S., Yudawati, dan U., Ermawati. 2001. Uji Peredam Radikal Bebas terhadap 1,1-Diphenyl-2-Picrylhydrazyl (DPPH) dari Ekstrak Kulit Buah dan Biji Anggur (Vitis vinifera L.) Probolinggo Biru dan Bali. Artocarpus. (1) : 34-43




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.27829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id