Dampak Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Aceh Nusa Indrapuri (ANI) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar

Siti Sarah, Anwar Deli, Lukman Hakim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak sosial dan ekonomi dari masyarakat terhadap keberadaan perusahaan HTI PT. Aceh Nusa Indrapuri di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 92 orang yang dianggap telah mewakili dari keseluruhan masyarakat yang ada di sekitar wilayah HTI. Sampel yang didapatkan menggunakan rumus slovin. Metode penelitian menggunakan metode observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam dengan mengajukan beberapa peryataan yang telah ditentukan dalam indikator. Skala pengukuran pada penelitian ini adalah menggunakan skala likert Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dampak ekonomi dari aspek perubahan pendapatan masyarakat terhadap keberadaan HTI berdampak negatif dimana persepsi perubahan pendapatan berada pada kategori tidak ada perubahan pendapatan sebelum dan sesudah adanya HTI. Sedangkan pada dampak sosial dari persepsi sikap masyarakat menunjukan dampak negatif dimana persepsi sikap masyarakat tidak setuju dengan keberadaan HTI.

Keywords


HTI, dampak ekonomi, dampak sosial

Full Text:

PDF

References


Anjasari, R. (2009). Pengaruh Hutan Tanaman Industri (HTI) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Kampar Kiri. Perencanaan Wilayah dan Kota, pp. 138–154.

Dedi, M., Naparin, M. and Rezekiah, A. A. (2021) ‘Pendapatan Masyarakat DESA Mandiangin Barat Community Income in West Mandiangin Village from Non Timber Forest Products ( NTFP ) in KHDTK University of Lambung Mangkurat’, 04(6), pp. 1076–1083.

Iskandar et al. (2011). Kebijakan perubahan kawasan hutan dalam pengelolaan berkelanjutan. Bandung. Available at: http://repository.unib.ac.id/7799/1/NASKAH BUKU UPLOAD.pdf.

Listyana, R. and Hartono, Y. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Stusi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013)’, Ekp, 13(3), pp. 1576–1580.

Rasjid, S. Y. (2018). Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Pasca Pembukaan Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) (Studi Penelitian di Desa Imana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara). pp. 1–4.

Wati, ria ratna (2017). kondisi sosial ekonomi dan persepsi masyarakat terhadap perusahaan(studi tentang pengaruh keberadaan pt.riau andalan pulp and paper di masyarakat kelurahan pangkalan kerinci barat lingkungan terusan baru kecamatan pangkalan kerinci kabupaten pelalawan). Jom Fisip, 4(1), pp. 1–14.

Youlla, D. et al. (2020). Dampak Sosial Pembangunan Hutan Tanaman Industri Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Dusun Nanas Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 45(2), p. 213. doi: 10.31602/zmip.v45i2.2943.

Yulianto DE (2018). Hutan Tanaman Industri Sebagai Metode Pengembangan Ekonomi Dan Lingkungan Masyarakat Di Desa Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo. Integritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), pp. 117–128.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.27657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id