Analisis Kualitas Fisik Kopi Arabika Gayo Dari Berbagai Ketinggian Tempat Dan Varietas

Indah Amalia, Yusya’ Abubakar, Eti Indarti

Abstract


Perkembangan biji kopi di Indonesia sering kali tidak diikuti dengan perbaikan mutu dari biji kopi dan cenderung memiliki kualitas yang rendah, hal ini dapat menurunkan citra dari biji kopi tersebut di pasar dunia. Hal ini disebabkan oleh ketinggian tempat dan perbedaan varietas dari biji kopi tersebut seperti pada kopi Arabika yang merupakan salah satu jenis kopi golongan spesial. Sebagai kopi golongan spesial, kriteria yang digunakan untuk mengklasifikasikan biji kopi jauh lebih kompleks daripada standar umum. Aspek tersebut meliputi aspek fisik yaitu klasifikasi ukuran, warna, dan penanda kecacatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah perbedaan ketinggian tempat tumbuh dan varietas dari biji kopi dapat mempengaruhi citrasa biji kopi Arabika. Hasil analisis sifat fisik menunjukkan bahwa sampel biji kopi Arabika sudah memenuhi standar Specialty Coffe Association of America (SCAA) dan SNI 01-2907-2008. Hasil uji mutu fisik dari kopi Arabika menunjukkan bahwa kadar air yang dihasilkan yaitu 11,2% (normal), nilai uji defect yang dihasilkan 112,3, dan ukuran biji terbesar terdapat pada varietas Ateng Super

Keywords


kopi arabika, ketinggian tempat, varietas

Full Text:

PDF

References


AEKI. 2005. Statistik Kopi Tahun 2003-2005. Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia, Jakarta. http://www.aeki-aice.org/.

Afriliana, A. 2018. Teknologi Pengolahan Kopi Terkini. Deepublish. Yogyakarta

Alves, M. D. C., De Carvalho, E. L., Pozza, L., Sanches, dan Maia, J. D. S. 2011. Ecological Zoning of Soybean Rust, Coffee Rust and Banana Black Sigatoka Based on Bazilian Climate Changes. Procedia Environmental Sciences. 6 : 35-49.

Asfirmanto, W. A., Nurlambang, T dan Waryono, T. 2013. Pengaruh Kondisi Fisik dan Budidaya Terhadap Kualitas Kopi di Kintamani dan Gayo. FMIPA, UI. http://lontar.ui.ac.id/.

Bakar, B. A dan Firdaus, A. A. 2016. Analisis Kebijakan Dampak Pemanasan Global Terhadap Produktivitas Kopi Arabika Gayo. Litbang Pertanian.

http://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/prosiding_2016/2_7.pdf.

Barus, W. B. J. 2019. Pengaruh Lama Fermentasi dan Lama Pengeringan Terhadap Mutu Bubuk Kopi. Jurnal Wahana Inovasi. 8 (2) : 111-115.

Farah, A., De Paulis, T., Trugo, L. C dan Martin, P. R. 2005. Effect of Roasting on The Formation of Chlorogenic Acid Lactones In Coffee. Journal of Agricultural and Food Chemistry. 53 : 1505—1513.

Husnisa, D., Herawati, D dan Yuriasari, R. 2019. Pengaruh Kadar Air dan Aktivitas Air.

International Coffee Organization (ICO). 2020. Trade Statistics tables. International Coffee Organization.

http://www.ico.org/trade_statistics.asp.

Saragih, J. R. 2018. Aspek Ekologis dan Determinan Produksi Kopi Arabika Spesialti Di Wilayah Dataran Tinggi Sumatera Utara. Jurnal Wilayah dan Lingkungan. 6 (2) : 74-87.

Sitorus, H. 2019. Studi Karakteristim Fisikokimia Biji Kopi Hijau Arabika, Robusta, dan Akselsa Natural Pada tingkat mutu yang berbeda. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i4.26942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id