Strategi Pengembangan UMKM Kue Tradisional Aceh di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar
Abstract
Abstrak : UMKM adalah usaha yang dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau badan usaha kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM Kue Tradisional Aceh. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, yang memfokuskan pada Analisis SWOT untuk membantu pemilik UMKM Kue Tradisional Aceh dalam meningkatkan daya saing UMKM-nya agar mampu bersaing dengan UMKM lain yang sejenis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan sampel jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui wawancara menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks SWOT, dan Diagram Kartesius SWOT, Strategi yang didapat yakni strategi yang berada pada kuadran I yaitu strategi yang memanfaatkan faktor peluang (Opportunities) untuk membantu faktor kekuatan (Strength). Implementasi dalam mengembangkan UMKM Kue Tradisional Aceh di Gampong Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar dengan mempertahankan kualitas produk dengan cara mengupayakan memperoleh bahan baku yang berkualitas, menjaga hubungan baik dengan konsumen, dan memanfaatkan online marketing untuk memasarkan produk.
Strategy for MSME Development of Traditional Acehnese Cakes in Peukan Bada District, Aceh Besar District
Abstract : MSMEs are businesses run by individuals, households or small business entities. This study aims to determine the development strategy for MSME Aceh Traditional Cakes. This research is a qualitative descriptive study, which focuses on SWOT analysis to help MSME owners of Aceh Traditional Cakes in increasing the competitiveness of their businesses so that they can compete with other similar UMKM. The sampling technique in this study was carried out using a saturated sample. The types of data used are primary data and secondary data. Primary data obtained through interviews using a questionnaire. Based on the results of the analysis using the IFAS-EFAS matrix, SWOT matrix, and Cartesian SWOT diagram, the strategy obtained is a strategy that is in quadrant I, namely a strategy that utilizes Opportunities to help Strength factors. Implementation in developing Aceh Traditional Cake MSMEs in Gampong Lampisang, Peukan Bada District, Aceh Besar District by maintaining product quality by seeking to obtain quality raw materials, maintaining good relations with consumers, and utilizing online marketing to market products.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, 2011. Strategic Management For Educational Management
(Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Andika, M. 2020. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan PT AL Mucthar Tour dan Travel Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Anggraeni, P., Sunarti., Marwadi, M. K., 2017. Analisis SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 43 No.1 Februari 2017. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Kirovska, Z. (2011), Strategic Management within the Tourism and the World Globalization, Journal of Economics, 2 (1) : 69-76
Pakpahan, A. K. 2020. Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April). https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i3.25208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id