Tingkat Penjualan Daging di Pasar Al Mahirah Lamdingin Banda Aceh dan Pasar Induk Lambaro Aceh Besar

Rista Sahira, Zikri Maulina Gaznur

Abstract


Daging merupakan sekumpulan jaringan otot ternak sapi yang digunakan manusia sebagai bahan pangan sumber protein hewani untuk keperluan konsumsi makanan. Kebutuhan masyarakat terhadap bahan pangan yang berasal dari protein hewani seperti daging sapi semakin meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Konsumsi daging sapi diperkirakan akan semakin berlanjut dan meningkat di masa yang akan datang. Konsumsiidaging sapi di Provinsi Aceh berkaitanidengan aspek budaya yang seringkali tidak dapat digantikan oleh daging lain. Hal tersebut meyebabkan adanya pergerakan harga serta penjualan daging sapi di Provinsi Aceh menjadi terus naik dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya jual daging sapi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dan wawancara terhadap pedagang daging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase dan rata-rata penjualan daging sapi di pasar Al Mahirah Lamdingin dengan persentase 57 % dan rata-rata 223 kg daging sapi yang terjual per hari dan di pasar Induk Lambaro dengan persentase 45 % dan rata-rata 196 kg daging sapi yang terjual per hari. Harga daging sapi di pasar Al Mahirah Lamdingin dan pasar Induk Lambaro mengalami perbedaan harga di hari biasa Rp 150.000 per kg dan di hari besar lainnya (Meugang, Idul Fitri, dan Idul Adha) sebesar Rp 180.000 per kg. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat konsumsi dan penjualan daging sapi di pasar Al Mahirah Lamdingin dan pasar Induk Lambaro masih tergolong rendah dan perlu adanya tinjauan kembali terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.

Keywords


Daging Sapi, Daya Jual, Tingkat Konsumsi, Konsep Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Adi, & Wibowo, B. (2015). Pengaruh suasana toko, promosi, dan lokasi terhadap minat beli di planet distro kota Banjarmasin.

Arifin, M., "Perbandingan respon perubahan komposisi tubuh antara sapi madura dan peranakan ongole pada pemeliharaan intensif." Jurnal Pengembangan Peternakan (2008): 107-114.

Cahyani, & Tini. (2019). Kajian potensi wilayah pengembangan ternak sapi potong di kota Tasikmalaya. Universitas Siliwangi.

Daniel, M. 2. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara Jakarta.

Hutajulu, Rio Afrizal. Analisis Penawaran Daging Sapi Di Indonesia. Diss. Universitas Islam Riau, 2021.

Kurniawan, A. (2011). Pengaruh impor daging sapi terhadap tingkat harga daging sapi domestik indonesia tahun 1993-2009. Universitas Air Langga Surabaya.

Philip, K., & Aary, A. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran, edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Siahaan, R. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran daging sapi di Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara Medan.

Simanjuntak, T. M. S., et al. "Kualitas fisik daging sapi di pasar tradisional dan pasar modern Kota Manado." ZOOTEC 42.1 (2022): 81-86.

Sjamsul, & Bahri. (2008). Beberapa aspek keamanan pangan asal ternak di Indonesia. Pengembangan inovasi pertanian , 225-242.

Solihin, I. (2012). Manajemen strategik. Jakarta : Erlangga.

Suryaningsih. (2017). Respon persentase hati sapi terhadap kadar protein, kadar lemak dan susut masak sosis daging sapi. Jurnal ilmu ternak , vol. 17 no.2: 77-81.

Tjiptono, & Fandi. (2008). Strategi pemasaran. Andi offet, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.25048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id