Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kedai Kopi Di Kota Banda Aceh

Fadhillah Khairun Nisa, Monalisa Monalisa, Ira Manyamsari

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, Faktor atribut kepuasan, dan tingkat kepuasan konsumen terhadap usaha kedai kopi di Kota Banda Aceh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara dengan konsumen dan pemilik kedai kopi di lokasi penilitian dengan bantuan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen kedai kopi tersebut rata-rata orang yang berumur 20-29 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan dominan mahasiswa/I, Faktor yang mempengaruhi atribut kepuasan adalah kualitas Produk, Harga, Pramusaji, Proses, Tempat, Bukti Fisik dan Promosi. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh yaitu sebesar 81% yang menyatakan bahwa konsumen merasa sangat puas.

Analysis Of Consumer Satisfaction Level In Coffee Shop Business In Banda Aceh City Abstract. This study aims to determine consumer characteristics, satisfaction attribute factors, and the level of consumer satisfaction with the coffee shop business in Banda Aceh City. The type of data used in this study is primary data obtained from observations and interviews with consumers and coffee shop owners at the research location with the help of a questionnaire. The analytical method used in this study is the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance and Performance Analysis (IPA). The results of this study indicate that the characteristics of the coffee shop consumers are, on average, people aged 20-29 years, male and predominantly college students. Factors that influence satisfaction attributes are product quality, price, waiter, process, place, Physical Evidence and Promotion. The results of the Customer Satisfaction Index (CSI) analysis obtained were 81% which stated that consumers were very satisfied.

Keywords


Kedai kopi; Tingkat Kepuasan; Konsumen ; Coffee Shop; Satisfaction Level; Consumer

Full Text:

PDF

References


Arianto, R. and Wiyono, A.S., 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Coffee Shop Cekopi Solo Menggunakan Variabel Intervening Sikap Konsumen. Skripsi. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Chairawani, T., 2018. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kedai Kopi Ulee Kareng di Kota Medan.

BPS, 2020. Hasil Sensus Penduduk 2020 Provinsi Aceh. Banda Aceh.

Chandra, T., Novia, D. 2019. Analysis Of Service Quality and Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) Method In “Jakarta” Optical Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen 7 (2): 125-139

Kotler, P. and Keller, K.L., 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks.

Martinez, 2003. Evaluation Report : Tools Cluster Networking Meeting Center PointInstitut,Inc. Arizona.

Saefudin,2020. Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), pp.39– 46.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i3.24780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id