Pengaruh Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan dan Implementasi Digital Marketing Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh

Putri Melania, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah, Sofyan Sofyan

Abstract


Abstrak. Digital marketing merupakan bentuk pemasaran modern yang dapat mencapai tujuan dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat. Penggunaan digital marketing juga dapat membantu pelaku UMKM mempromosikan dan mampu memperluas pasar. Terdapat perbedaan antara pelaku UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan pelaku UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh modal, lama usaha, tingkat pendidikan dan implementasi digital marketing terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh dan menganalisis perbedaan pendapatan UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji mann whitney. Metode penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Populasinya sebanyak 525 orang, responden yang mengimplementasikan digital marketing sebanyak 23 responden dan responden yang tidak mengimplementasikan digital marketing sebanyak 20 responden. Hasil dari penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel modal dan implementasi digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Sedangkan variabel lama usaha dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil analisis uji mann whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan anatara UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh.

The Influence of Capital, Length of Business, Education Level and Implementation of Digital Marketing on MSME Income in Banda Aceh City

Abstract. Digital marketing is one of the modern marketing techniques that can help entrepreneurs achieve their goals of increasing sales efficiently and faster. Digital marketing can also help MSME entrepreneur to promote and expand their market. There is a difference between MSME entrepreneurs who implement digital marketing and MSME entrepreneurs who do not implement digital marketing in their businesses. This study aims to determine the business capital, how long the business has been running, education level and implementation of digital marketing on MSME income in Banda Aceh City and analyze the differences in the income of MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh. This study was analyzed using multiple linear regression analysis and the Mann-Whitney test. In this study, purposive sampling is the sampling method with a population of 525 people. The respondents can be divided into two groups: (1) those who implement digital marketing are 23 respondents and (2) those who do not are 20. The results of the multiple linear regression analysis studies show that the variables of the business capital and digital marketing implementation significantly affect the income of MSMEs in Banda Aceh. At the same time, the variables of the duration of business and education level have no significant effect on the income of MSMEs in Banda Aceh. The Mann-Whitney test analysis results show significant differences between MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh.



Keywords


Pendapatan; UMKM; Digital Marketing; Income; MSME; Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Alifiana, Denia, Susyanti, Jeni, & Dianawati, E. (2016). Pengaruh Lama Usaha Dan Modal Terhadap Pendapatan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Udayana, Bali , Indonesia. E-Jurnal EP Unud, 1539–1566.

Amirullah. (2005). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anggraeni, Feni Dwi. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Skripsi Universitas Brawijaya.

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh 2017. UKM Banda Aceh.

Fattah. Nanang. (2009). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Furqon Faisal. (2017). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Pengusaha Lanting di Lemah Duwur, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Maramis, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 19 No. 1, 56-67.

Gujarati, D.N. (2009). Basic Econometrics. Tata McGraw-Hill Education, New Delhi.

Herosian, M. Y., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Jurnal Akbar Juara, 4(5).

Nainggolang, Romauli. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan UMKM Kota Surabaya. Journal of Business and Economics 20(1): 1-12.

Nugraha, Listyawan Ardi. (2011). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendapatan, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri Kerajinan Perak di Desa Sodo Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mhd. Hasbi Wardhana Purba, Lukman Hakim, M. Y. W. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL TAHU SOLO DI DESA PUNGE BLANG CUT KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH. 23(4), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.24545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id