ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR SERAT SABUT KELAPA INDONESIA DAN POTENSINYA DI PASAR INTERNASIONAL

Sheilla Vista Yong

Abstract


Produksi sabut kelapa Indonesia dari tahun ke tahun cenderung stabil bahkan meningkat dibeberapa tahun dari 2001-2020. Pada penelitian ini peneliti menggunakan data sekunder dengan menggunakan metode analisis SWOT dan metode deskriptif. hasil matriks IFAS, EFAS, IE, QSPM dan SWOT didapatkan faktor kekuatan utama adalah ketersediaan bahan baku serat sabut kelapa yang berlimpah dengan jumlah skor sebesar 0,72, sedangkan faktor kelemahan terbesar adalah pangsa pasar ekspor serat sabut kelapa Indonesia masih kecil dengan jumlah skor sebesar 0,48. Faktor peluang terbesar adalah pasar ekspor serat sabut kelapa yang luas dengan jumlah skor sebesar 0,72, sedangkan faktor ancaman terbesar adalah persaingan internasional dengan skor 0,42. Strategi pengembangan ekspor serat kelapa Indonesia berada pada kuadran I yaitu strategi progresif, sehingg strategi yang dihasilkan meliputi : (1) mempertahankan dan mengoptimalkan kualitas serat sabut kelapa Indonesia. (2) memperluas pasar ekspor. (3) mengadakan sosialisasi dan pelatihan bagi petani serta pelaku usaha. (4) memberikan informasi mengenai ekspor serat sabut kelapa dan potensi usahanya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.24469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id