Pengaruh Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan dan Implementasi Digital Marketing Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh

Putri Melania, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah, Sofyan Sofyan

Abstract


Abstrak. Pendapatan merupakan suatu penambahan aset perusahaan yang berdampak pada peningkatan kekayaan pemilik perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan serta kesejahteraan karyawan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan yaitu modal, lama usaha, tingkat pendidikan  dan implementasi digital marketing. Terdapat perbedaan antara pelaku UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan pelaku UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh modal, lama usaha, tingkat pendidikan dan implementasi digital marketing terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh dan menganalisis perbedaan pendapatan UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji mann whitney. Metode penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Populasinya sebanyak 525 orang, responden yang mengimplementasikan digital marketing sebanyak 23 responden dan responden yang tidak mengimplementasikan digital marketing sebanyak 20 responden. Hasil dari penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel modal dan implementasi digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Sedangkan variabel lama usaha dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil analisis uji mann whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan anatara UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh.

The Influence of Capital, Length of Business, Education Level and Implementation of Digital Marketing on MSME Income in Banda Aceh City

Abstract. Revenue is an addition to company assets that has an impact on increasing the wealth of company owners with the aim of improving company performance and employee welfare. The factors that affect income are capital, length of business, level of education and implementation of digital marketing. There is a difference between MSME actors who implement digital marketing and MSME actors who do not implement digital marketing in their business. This study aims to determine the effect of capital, length of business, education level and implementation of digital marketing on MSME income in Banda Aceh City and analyze the differences in the income of MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh City. This study was analyzed using multiple linear regression analysis and the Mann Whitney test. The sampling method was carried out using purposive sampling. The population is 525 people, respondents who implement digital marketing are 23 respondents and respondents who do not implement digital marketing are 20 respondents. The results of the multiple linear regression analysis study show that the variables of capital and digital marketing implementation have a significant effect on the income of MSMEs in Banda Aceh City. While the variables of length of business and education level have no significant effect on the income of MSMEs in Banda Aceh City. The results of the Mann Whitney test analysis show that there is a significant difference between MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh City.



Keywords


Pendapatan; UMKM; Digital Marketing; Income; MSME; Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Alifiana, Denia, Susyanti, Jeni, & Dianawati, E. (2016). Pengaruh Lama Usaha Dan Modal Terhadap Pendapatan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Udayana, Bali , Indonesia. E-Jurnal EP Unud, 1539–1566.

Amirullah. (2005). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anggraeni, Feni Dwi. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Skripsi Universitas Brawijaya.

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh 2017. UKM Banda Aceh.

Fattah. Nanang. (2009). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Furqon Faisal. (2017). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Pengusaha Lanting di Lemah Duwur, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Maramis, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 19 No. 1, 56-67.

Gujarati, D.N. (2009). Basic Econometrics. Tata McGraw-Hill Education, New Delhi.

Herosian, M. Y., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Jurnal Akbar Juara, 4(5).

Nainggolang, Romauli. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan UMKM Kota Surabaya. Journal of Business and Economics 20(1): 1-12.

Nugraha, Listyawan Ardi. (2011). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendapatan, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri Kerajinan Perak di Desa Sodo Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mhd. Hasbi Wardhana Purba, Lukman Hakim, M. Y. W. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL TAHU SOLO DI DESA PUNGE BLANG CUT KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH. 23(4), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.24445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id