Warna Seduhan Kopi Liberika (Coffea Liberica) Dengan Variasi Derajat Penyangraian dan Metode Penyeduhan

Taskiyatun Nufus, Normalina Arpi, Eko Heri Purwanto

Abstract


Kopi liberika merupakan kopi jenis Liberoid yang berasal dari Liberia (pantai barat Afrika). Kopi liberika seringdisebut sebagai kopi nangka karena memiliki aroma khas yang mirip dengan aroma buah nangka. Penyangraian dan penyeduhan mempengaruhi warna dan citarasa kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui warna seduhan kopi liberika akibat variasi derajat penyanggraian dan metode penyeduhan. Penelitian ini dilakukan dengan analisis eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dua faktor. Masing-masing faktor terdiri dari tiga taraf dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah derajat penyangraian (P) yaitu P1= light (200⁰C,7 menit), P2= medium (200⁰C, 8 menit) dan P3= dark (200⁰C, 9 menit). Faktor kedua adalah metode penyeduhan(T) yaitu T1= espresso, T2= tubruk, dan T3= V60. Analisis yang dilakukan yaitu uji warna seduhan yang meliputi nilai L* (kecerahan), a* (kemerahan), b* (kekuningan). Hasil penelitian menunjukkan Nilai L* (kecerahan) seduhan kopi liberika menurun setiap kenaikan derajat penyangraian. Kopi liberika dengan derajat sangrai light dan metode V60 memiliki nilai L* (kecerahan) tertinggi, nilai a* terendah dan nilai b* tertinggi.

 


Keywords


Kopi liberika, derajat penyangraian, metode penyeduhan, warna seduhan

Full Text:

PDF

References


Agustina R, Nurba D, Antono W, Septiana R. 2019. Pengaruh Suhu Dan Lama Penyangraian Terhadap Sifat Fisik-Kimia Kopi Arabika Dan Kopi Robusta. Prosiding Seminar Nasional, 285–299.

Dwitama, FS. 2018. Profiling Karakteristik Sensoris Kopi Hijau Dampit Berdasarkan Perbedaan Metode Pengolahan Pasca Panen Dan Teknik Penyeduhan Menggunakan Metode Rate-All-That-Apply (Rata). Universitas Brawijaya. Malang.

Hanifah D, Andarwulan N, Herawati D. 2022. Karakteristik Fisikokimia dan Kapasitas Antioksidan Kopi Liberika dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Teknologi dan Industri Pangan. 33(1): 39–51.

Kasim S, Liong S, Ruslan, Lullung A. (2020). Penurunan Kadar Asam dalam Kopi Robusta (Coffea canephora) dari Desa Rantebua Kabupaten Toraja Utara dengan Teknik Pemanasan. Riset Kimia. 6(2): 118–125.

Maulid MR, Purwanto EH, Efri M, Harahap BM, Saefudin. 2021. Peningkatan Mutu Dan Keekonomian Kopi Arabika Melalui Penyangraian Kompleks. Tanaman Industri dan Penyegar. 8(1): 19–36.

Pasaribu DAR, Abubakar Y. 2022. Profil Sensori Kopi Wine yang Diseduh dengan Teknik Espresso. Ilmiah Mahasiswa Pertanian. 7(6): 341-346.

Prasetyo P, Rudy H, Nyoto, Herry P. 2019. Budidaya Kopi Liberika Di Lahan Gambut. Center for International Forestry Research (CIFOR). 4: 1-4.

Pratama AW. 2019. Perbedaan Penurunan Nilai A*, B* dan L* Pada Daging Ayam Broiler (Gallus domesticus) Akibat Ozonasi Dan Perebusan. Pasundan Food Technology Journal. 6(2): 86.

Purnamayanti NPA, Gunadnya IBP, Arda G. 2017. Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian terhadap Karakteristik Fisik dan Mutu Sensori Kopi Arabika (Coffea arabica L). Biosistem Dan Teknik Pertanian. 5(2): 39-48.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.24437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id