Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Cita Rasa Produk dan Suasana Toko Pada Sabi Coffee Space Langsa

Amarullah Ambiya, Yusriana Yusriana, Rasdiansyah Rasdiansyah

Abstract


Abstrak. Coffee shop merupakan sebuah tempat yang menyediakan minuman kopi dan beberapa varian minuman lainnya dengan nuansa yang lebih modern. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh cita rasa produk dan suasana toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sabi Coffee Space Langsa, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Sabi Coffee Space Langsa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non probability sampling menggunakan metode accidental sampling. Data dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel suasana toko (X2) memiliki pengaruh paling besar dengan nilai 6,661 terhadap keputusan pembelian dan variabel cita rasa produk (X1) sebesar 3,302. Secara bersama-sama, seluruh variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 70,016. Berdasarkan nilai koefisien determinasi, didapatkan hasil sebesar 0,591 atau 59,1% sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel penelitian.

Analysis of Consumer Purchasing Decisions on Product Taste and Store Atmosphere at Sabi Coffee Space Langsa

Abstract. Coffee shop is a place that provides coffee drinks and several other beverage variants with more modern feel. The purpose of the research is to analyze and determine the effect from product taste, price, service and store atmosphere on consumer purchasing decisions at Sabi Coffee Space Langsa, both partially and simultaneously. This research was conducted in August 2022 at Sabi Coffee Space Langsa. The sample taken in this research was 100 respondents with non probability sampling technique using accidental sampling method. The data were analyzed using multiple linear regression analysis methods with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) program. The results showed that the store atmosphere variable (X2) had the greatest effect with a value of 6,661 on purchasing decisions and the product taste variable (X1) is 3,302. Simultaneously, all independent variables have a significant effect on purchasing decisions with a value of 70,016. Based on the coefficient of determination, the result is 0.591 or 59,1%, while the remaining 40,9% is influenced by other factors outside the research variables.


Keywords


Coffee shop; keputusan pembelian; analisis regresi berganda; Coffee shop; purchase decision; multiple regression analysis

Full Text:

PDF

References


Erida, M., 2021. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), pp.10-21.

Fatmaningrum, S.R., Susanto. dan Muinah, F., 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 4(1), pp.176-188.

Herlyana, E., 2014. Fenomena Coffee Shop sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13(1), pp.187–204.

Hidayat, Z., 2012. Etika Persaingan Dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunikasi, 9(1), pp.1-12.

Hidayat, T., 2018. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distribution Store Inspired27 Kota Malang). Universitas Brawijaya, Malang.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i2.24379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id