Segmentasi Responden Pengguna Produk Kahf berdasarkan Karakternya di Kalangan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Indri Puspita Indah, Ryan Moulana, Irfan Irfan

Abstract


Abstrak. Segmentasi responden merupakan suatu strategi yang bertujuan untuk membagi responden menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristiknya, baik pendapatan, pengeluaran, pengetahuan, dan lokasi pembelian produk.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi responden yang menggunakan produk Kahf berdasarkan karakternya di kalangan mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian dilakukan pada bulan Juli - Oktober 2022 di Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan bantuan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden pengguna produk kahf terbanyak adalah dari kelompok responden dengan  pendapatan perbulan berkisar Rp.500.000 – Rp.1.000.000, dengan pengeluaran per bulan untuk personal care berkisar Rp.50.000 – Rp.150.000. Faktor utama responden dalam menggunakan produk personal care adalah faktor kebutuhan. Responden mengetahui personal care berlabel halal terutama dari iklan, dan membelinya di minimarket.

Segmentation of Respondents who use Kahf products based on their characteristics among students at the University of Syiah Kuala

Abstract. Segmentation of respondents is a strategy that aims to divide respondents into different groups based on their characteristics, such as income, expenses, knowledge, and location of product purchases. The purpose of this study is to determine the segmentation of respondents who use Kahf products based on their characteristics students Syiah Kuala University. The research was conducted in July - October 2022 at Syiah Kuala University. The research method used is descriptive quantitative method, the sampling technique uses purposive sampling technique. The total of samples in this research are 100 respondents. Data analysis used univariate analysis with the help of the SPSS (Statistic Package for the Social Sciences) software program version 25. The results showed that the characteristics of the respondents who used the most kahf products were from the respondent group with a monthly income ranging from IDR 500,000 – IDR 1,000,000, with spending for personal care ranges from IDR 50,000 – IDR 150,000. The main factor of respondents in using personal care products is the need factor. Respondents know about personal care labeled halal, especially from advertisements, and buy it at the minimarket.


Keywords


Segmentasi konsumen; kahf; karakteristik konsumen ; Consumer segmentation; kahf; consumer characteristics

Full Text:

PDF

References


Anwar, I. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : 1-5.

Aziz, Azmi. 2010. The Perception to Choose Halal Cosmetics Products: An Empirical Study for Malaysian Consumer. 6th International Conference on Business and Economics.

Dewi, A. M. 2018. Pengaruh Iklan Online Melalui Instragram terhadap Keputusan Pembelian bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri : 1-22.

Endah, N. H. 2018. Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan : 11-25.

Komalasari, R. and Indra. 2021. Preferensi Mahasiswa terhadap Produk Kosmetik dan Personal Care Berlabel Halal. Journal of Indonesian Islamic Economic Finance : 64-76.

Martha, A. 2012. Rahasia Perawatan Kulit Wajah. Pustaka Kesehatan. Yogyakarta.

Ramadhani, N. U., Wibawa, B. M., and Gunawan, J. 2019. Analisis Sikap Konsumen Perempuan terhadap Produk Green Skincare: Pendekatan Multiatribut Fishbein. Jurnal Sains Dan Seni Its : 32–36.

Siregar, A. M. 2022. Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Pendidikan dan Agama Islam : 96-103.

Sulistyowati, Ketherin, B. E., Arifiyanti, A. A., and Sodik, A. 2018. Analisa Segmentasi Konsumen menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Jurnal Nasional Sains dan Teknologi Terapan : 51-58.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i1.23448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id