Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Biji Kopi (Green Bean) Arabika di Kabupaten Bener Meriah
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pendapatan usahatani kopi arabika di Kabupaten Bener Meriah dan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran biji kopi arabika di Kabupaten Bener Meriah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari petani dan pedagang biji kopi arabika yang terpilih sebagai sampel melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disusun terlebih dahulu, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi perpustakaan dan publikasi ilmiah. Model analisis yang digunakan adalah model analisis Reveneu Cost Ratio(R/C)dananalisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani kopi arabika dapat memberikan pendapatan yang layak kepada petani di Kabupaten Bener Meriah. Saluran pemasaran II lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran I, hal ini terjadi karena biaya saluran pemasaran II lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran I. Kemudian berakibat kepada karena biaya pemasaran yang dikeluarkan melalui saluran tipe II lebih rendah dibandingkan dengan saluran pemasaran tipe I. Keadaan ini dapat terjadi karena saluran pemasaran tipe II lebih pendek dari pada saluran pemasaran tipe I. Sehubungan dengan hal tersebut perlua dan upaya penanganan pasar biji kopi arabika yang lebih cepat dan lebih singkat melalui pembentukan badan usaha seperti Koperasi sebagai lembaga pemasaran, yang disertai dengan upaya perbaikan mutu produk tersebut melalui penanganan pasca panen yang lebih sempurna.
Income And Efficiency Analysis Of Marketing Seeds (Green Bean) Arabica Coffee In Kabupaten Bener Meriah
Objective to investigate and analyze the amount of income arabica coffee growers in the central highlands and to identify marketing channels conducted by marketing agencies arabica beans and coffee grounds in the central highlands. Data collection methods used are primary data and secondary data.The primary data obtained directly from the coffee farmers and traders are chosen as samples, through interviews using a list of questions that had been prepared beforehand. While secondary data obtained from the study library and scientific publications. The analysis model used is the analysis model Reveneu Cost Ratio (R / C), the analysis of marketing efficiency, marketing margin and profit margin.The results showed that the first marketing channels more efficiently than a marketing channel II, this occurs because the cost of marketing channels I is smaller than the second marketing channel due to high marketing costs because of the many agencies involved in the marketing of this marketing channel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiningsih, Sri. 1995. EkonomiMikro. BPFE.Yogyakarta.
Alfiansyah, M. 2013. Skripsi. Analisis Pendapatan dan Pemasaran Garam di Kecamatan Baitusallam Kecamatan Aceh Besar.
Anonymous. 2005.Manfaat Kopi Arabika. Internet, www. Manfaatkopi.com diakses (19 Januari 2015)
Anonymous, 2008, Kandungan Mutu Kopi Arabika di daerah Indonesia, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadyah Jogya.
Anonymous. 2009. Produksi Tanaman Perkebunan Kabupaten Kendal. Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kendal. Kendal
Anonymous. 2013. Data Hasil Sensus Pertanian (BPS_ST13)2013. BadanPusatStatistik, Jakarta.
Anonymous. 2015. Provinsi Aceh DalamAngka 2015. BadanPusatStatistik: Banda Aceh.
Azzaino. 2005. Pengantar Tataniaga Hasil Pertanian. Departemen Sosial Ilmu Ekonomi IPB. Bogor.
Boediono. 1993. Agribisnis. Teori Analisis Pendapatan. Universitas Cokroaminoto. Palopo.
Downey, W. David dan Steven P. Erickson, 1992. Manajemen Agribisnis. (Diterjemahkan oleh Alfonsus Sirait). Erlangga. Jakarta.
Fahriyah. 2008. Teori Margin Pemasaran. Bina Aksara. Jakarta.
Fahriyah, 2011. Skripsi. Analisis Efisiensi Pemasaran Belimbing Manis di Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulung Agung.
Firmansyah. 2013. Skripsi. Analisis Efisiensi Pemasaran Ubi kayu di Desa Saree Kecamatan Lembah Selawah Kabupaten Aceh Besar
Hardinastiti.2013. Skripsi.Analisis Pemasaran Kopi Arabica (studi kasus Kecamatan Sukarejo Kabupaten Pasuruan).
Joko.2013.Skripsi. Efisiensi Pemasaran Kopi (Coffe sp) Di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal.
Kementerian Pertanian. 2013. Statistik Perkebunan Indonesia, Produksi Kopi Robusta menurut Propinsi,
Kohl, Dkk. 2002 Operational Effieciency And Marketing Efficiency. Intermedia , Jakarta
Kadariah. 1981, Analisa Pendapatan Nasional, Penerbit Jakarta.
Kotler,2002.Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Control, Edisi Kesembilan jilid 1 dan jilid 2 Jakarta
Lina, Dkk. 2009. Jurnal. Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk (Studi Kasus di Desa Karang Dukuh, Kecamatan BelawangBarito Kuala, Kalimantan Selatan. Agritek. VOL.17.
Mubyarto. 2007. Pengantar Ekonomi Pertanian. LPE3S. Jakarta
Najiyati . 1999. Saluran Pemasarann Indonesia . Intermedia. Jakarta
Nazir M, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Nitisemito,S,Alex. 1997.Marketing. CV. Ghalia Indonesia. Jakarta
Nuni A. ( 2013) Skripsi. Analisis Efisiensi Pemasaran Ubi Kayu Di Provinsi Lampung”
Prawirokusumo, S. 1990. Ilmu Usahatani. BPFE. Yogyakarta.
Rahim, A. dan Diah, R.D.H. 2007. Ekonometrika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.
Ridwan. 2008. Analisis Usahatani Padi Ramah Lingkungan dan Padi Anorganik. Skripsi. Bogor: Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Sodaryono. 2008. Analisis Margin Pemasaran. Edisi Sepuluh. Salemba Empat. Jakarta Indonesia
Soeharjo, A dan D, Patong. 1973. Sendi-Sendi Pokok Ilmu Usahatani. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
Soekartawi dan Soeharjo, A. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Perkembangan Petani Kecil. Dillon JL, Hardaker JB, Penerjemah: Terjemahan dari: Farm Manjemen Research for Small Development.UI Press: Jakarta.
Soetomo, S. 2006. Analisis Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Bogor.
Soekartawi.1989. Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia. Jakarta
Soekartawi.1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Ghalian Indonesia. Jakarta
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press. Jakarta.
Soekartawi. 2002. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Soekartawi. 2005. Analisis Faktor Unggulan Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soekartawi. 2008. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasinya. Universitas Indonesia, Jakarta
Sukirno. 2003. Mikro Ekonomi. Rajawali Press. Jakarta. Sumatera (KASS). Balitbang Pertanian Deptan. Jakarta
Susanto . 2005. Azas-azas Marketing. Penerbit Liberty. Yogyakarta
Sudiyono.2005, Analisis Margin Pemasaram Kopi Arabika di Timor Leste.
Swastha . 2000. Prinsip Dasar Pemasaran Hasil Pertanian . Rajawali Press. Jakarta.
Swastha , 2002. Manajemen Pemasaran edisi ke dua, cetakan ke delapan, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i1.2306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id