Strategi Pemasaran Tanaman Hias di Desa pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Aini Fitri, Edy Marsudi, Zakiah Zakiah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk tanaman hias di Desa Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah Usaha Tanaman Hias di Desa Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian ini ialah terbatas pada Strategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias di Desa Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Adapun metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh, menurut Sugiyono (2017) sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuisioner. Analisis yang dipakai yaitu analisis IFAS, EFAS dan analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT didapatkan usaha tanaman hias di Desa Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh berada pada kuadran I yaitu strategi agresif, sehingga tanaman hias dapat memanfaatkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Selanjutnya diharapkan kepada pemilik usaha tanaman hias sebaiknya melakukan manajemen pemasaran melalui promosi digital marketing maupun secara langsung kepada seluruh konsumen.

Marketing Strategies for ornamental Plant in Pango Raya Village, Ulee Kareng District, Banda Aceh City

Abstract. The aim of this research was to determine the appropriate marketing strategy for ornamental plants in Pango Raya Village, Ulee Kareng District, Banda Aceh City. The object of this research is the Ornamental Plant Business in Pango Raya Village, Ulee Kareng District, Banda Aceh City. The scope of this research is limited to the Marketing Strategy for Ornamental Plant Businesses in Pango Raya Village, Ulee Kareng District, Banda Aceh City. The sampling method in this study used saturated samples, according to Sugiyono (2017) saturated sampling is a sampling technique when all members of the population are sampled. In this study using qualitative research, data collection was done by means of interviews and questionnaires. The analysis used is IFAS analysis, EFAS and SWOT analysis. The results of the SWOT analysis show that the ornamental plant business in Pango Raya Village, Ulee Kareng District, Banda Aceh City is in quadrant I, namely an aggressive strategy, so that ornamental plants can take advantage of their strengths to take advantage of existing opportunities. Furthermore, it is hoped that ornamental plant business owners should carry out marketing management through digital marketing promotions or directly to all consumers.


Keywords


Strategi Pemasaran; Tanaman Hias; SWOT; Marketing Strategy; Ornamental Plant, SWOT

Full Text:

PDF

References


Aritonang, B. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Usaha Tanaman Hias (Kasus Pedagang Di Kota Bogor, Jawa Barat). Skripsi Urusan Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian IPB).

Aryanti RD. 2008. Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Pada Ciapus Nursey, Desa Tamansari Bogor, Jawa Barat. Skripsi Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.

Daud Pratama. 2022. Analisa Strategi Pemasaran Untuk Penjualan Tanaman Hias Rumput Gajah Mini Variegata di Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Jurnal Ilmiah. ISSN: 2808-7712.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing Dasar-Dasar Pemasaran Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kotler, P. And Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Marliana. 2016. Strategi Pemasaran Tanaman Hias Pada Citra Bunga Garden Di Jalan Imam Bonjol Desa Seneubok Kecamatan Johan pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Teuku Umar: Aceh Barat.

Qomariyah, S.N., Utomo, M.W., 2021. Strategi Pemasaran Tanaman Hias Dengan Pendekatan Analisis Swot. Extract Paper In Compilation, 3(3), 361-368.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, D. 2017. Metode penelitian Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, Andi. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i1.23053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id