Identifikasi Adopsi E-commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Kota Banda Aceh)

Ega Keumala, Zakiah Zakiah, Safrida Safrida

Abstract


Abstrak. Kota Banda Aceh mengandalkan sektor UMKM sebagai roda penggerak perekonomiannya, dengan pertumbuhan sebesar 69,95% dalam 5 tahun terakhir. Pesatnya pertumbuhan UMKM yang terjadi pada era digitalisasi semestinya menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan profitabilitas usahanya bahkan ditengah kondisi krisis ekonomi sebagai dampak dari pandemi covid-19, melalui pemanfaatan e-commerce. Akan tetapi, pemanfaatan e-commerce oleh pelaku UMKM masih tergolong rendah dan belum diterapkan secara optimal karena kurangnya sumber daya dan kemampuan yang menghambat peluang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis beberapa faktor yang diduga menjadi pengaruh adopsi e-commerce oleh UMKM dan dampaknya bagi kinerja UMKM pada masa pandemi covid-19 di kota Banda Aceh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis regresi linear sederhana, dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala ukur likert melalui wawancara dengan 100 pelaku UMKM di kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor teknologi, manfaat teknologi, dan organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap adopsi e-commerce, sedangkan faktor lingkungan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap adopsi e-commerce, dengan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 47,6%. Kemudian, diperoleh pula hasil bahwa adopsi e-commerce berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM pada masa pandemi covid-19 di kota Banda Aceh.

Identification of E-commerce Adoption Its Effect on MSEM Performance During The Covid-19 Pandemic (Case Study: In Banda Aceh City)

Abstract. The City of Banda Aceh relies on the MSME sector as a driving force for its economy, with a growth of 69.95% in the last 5 years. The rapid growth of MSMEs that occurred in the digitalization era should be an opportunity for MSMEs to increase their business profitability even in the midst of the economic crisis as a result of the covid-19 pandemic, through the use of e-commerce. However, the utilization of e-commerce by MSME actors is still low and has not been implemented optimally due to the lack of resources and capabilities that hinder these opportunities. The purpose of this study is to analyze several factors that are suspected to be the influence of e-commerce adoption by MSMEs and their impact on MSME performance during the covid-19 pandemic in the city of Banda Aceh. The analytical method used is multiple linear regression analysis and simple linear regression analysis, using primary data sources obtained through the distribution of questionnaires with a Likert scale through interviews with 100 MSME actors in the city of Banda Aceh. The results showed that partially technological factors, technological benefits, and organization had a positive and significant effect on e-commerce adoption, while environmental factors had a positive but not significant effect on e-commerce adoption, with the magnitude of the influence of the independent variables on the dependent variable of 47 .6%. Then, the results also obtained that e-commerce adoption had a positive and significant effect on the performance of MSMEs during the Covid-19 pandemic in the city of Banda Aceh.


Keywords


Adopsi E-commerce; Kinerja UMKM; Teknologi; Organisasi; Lingkungan; E-commerce Adoption; MSME Performance; Technology; Organization; Environment

Full Text:

PDF

References


Cenamor, Javier, Vinit Parida, and Joakim Wincent. 2019.“How Entrepreneurial SMEs Compete through Digital Platforms: The Roles of Digital Platform Capability, Network Capability and Ambidexterity.”Journal of Business Research 100(March):196–206.

Databoks, 2022. Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. [online] Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 [Accesed 12 Okt. 2022].

Dewi, N. M. A. P., & Warmika, I. G. Kt. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2606–263

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Banda Aceh, 2021

Ekon.go.id. (2021, Mei 5). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved from Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesi.

Harfie, A. P and Latiati, A., 2022. Adopsi Penggunaan E-commerce Terhadap Kinerja Umkm (Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Dki Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(1), pp.21-40.

Hanum, A. N. and Sinarasri, A., 2017 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-commerce dan Pengaruh Terhadap Kinerja UMKM. Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), pp. 1–15.

Khotimah, K., 2020 Efektivitas E-commerce dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Store CP-SHOPONLINE29 Pasir Pangairan. Jurnal, p. 83.

Leatemia, S. Y. (2020). Adopsi e-commerce pada umkm di era pandemi covid-19 (Studi kasus pada UMKM di Kota Ambon). Jurnal Sosoq, 8(2), 1–11.

Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan, Yogyakarta, UGM

Lubis, A. R., 2021. Analisis Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Peningkatan Penerimaan Usaha Mikro Di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara, Medan.

Nurlinda. and Fathimah, V. (2019) ‘Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)’, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(3), pp. 445–464.

Oliviera, T., & Martins, M. R. (2010). Understanding e-Business Adoption Across Industries in European Countries. ResearchGate.

Palangan, C. Y. and Sopha, B. M., 2021. ‘Analisis Adopsi E-commerce di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)’, Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gajah Mada, pp. 24-29.

Suyanto, M., 2005. Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yanti, F. 2018. Pengaruh Penggunaan E-commerce, Locus Of Control, Dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Pelaku Bisnis Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara.

Zhu, K. and Kraemer, K. L., 2005 Post-adoption variations in usage and value of e-business by organizations: Cross-country evidence from the retail industry. Information Systems Research, 16(1), pp. 61–84.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i1.22820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id