PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KATERING RUMAHAN DI KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH
Abstract
Abstrak. Kebutuhan akan kehidupan yang praktis pada saat ini semakin lama semakin meningkat seperti terlihat pada kebutuhan konsumsi makanan terutama pada golongan mahasiswa. Namun persepsi mahasiswa terhadap pelayanan suatu katering merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa katering yang diukur berdasarkan kualitas, harga, cita rasa dan kebersihannya. Penelitian ini dilakukan di Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kondisi katering yang terdiri dari kualitas pelayanan, harga, cita rasa, dan kebersihan dan untuk mengetahui nilai yang paling dominan diantara empat variable kondisi katering. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang berlangganan catering rumahan di Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh dengan menggunakan metode simple random sampling. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi mahasiswa baik terhadap usaha catering dengan nilai 4,25 dengan factor harga murah dan terjangkau yang memiliki nilai preferensi paling tinggi 4,47.
Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Katering Rumahan
Abstract. The need for the practical life at this time progressively increasing as seen in food consumption needs, especially in the group of students. but the students' perceptions of service of a caterer is a thorough assessment of the benefits of a catering service is measured by the quality, price, taste and cleanliness. This study was conducted in Kopelma Darussalam city of Banda Aceh in order to determine how students' perceptions of conditions consisting of a catering service quality, price, taste, and hygiene and to determine the most dominant value among the four variables catering condition. The study population is students who subscribe catering home in Kopelma Darussalam city of Banda Aceh using simple random sampling. The result showed that the students' perceptions both of the catering business with a value of 4.25with cheap and affordable price factor that has the highest preference value of 4.47.
Keywords: Student Perception, Catering Home
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis: Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i1.2247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id