Karakterisasi Produk Pliek-U Komersial Melalui Analisis Sensori

Tyas Al Khalis, Raida Agustina, Agus Arip Munawar

Abstract


Abstrak: Pliek-U komersial adalah pliek-U yang sudah dikomersialkan di pasar-pasar tradisional, toko souvenir, dan swalayan, serta sudah memiliki label pada kemasannya, namun hingga saat ini belum ada penelitian tentang karakterisasi terhadap pliek-U komersial yang dijual dipasaran, maka dari itu dilakukan analisis sensori yang bertujuan untuk mengetahui karakterisasi penilaian konsumen pada pliek-U komersial. Ada 6 pliek-U komersial yang digunakan dalam penelitian yaitu P1, P2, P3, P4, P5, dan P6. Analisis sensori dilakukan terhadap kriteria aroma, warna, rasa, tekstur, aftertaste, defect, harga, dan penerimaan keseluruhan. Penilaian ini dilakukan secara hedonik oleh 50 panelis konsumen. Berdasarkan hasil penelitian analisis sensori yang dilakukan, didapat bahwa pliek-U P4 menjadi pliek-U komersial terbaik, dimana terdapat aroma yang khas dari pliek-U, warna coklat kehitaman, rasa yang tidak terlalu asam, tekstur yang bagus, aftertaste yang cukup enak, tidak adanya defect, harga yang cukup terjangkau, dan secara keseluruhan disukai oleh panelis konsumen. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah analisis sensori menunjukkan bahwa pliek-U komersial terbaik terdapat pada pliek-U P4 yang dilihat memiliki level kesukaan tertinggi, sedangkan pliek-U komersial yang kurang baik terdapat pada pliek-U P6 yang memilki level kesukaan terendah.

 

 Characterization Of Commercial Pliek-U Products Through Sensory Analysis Abstract: Commercial pliek-U is pliek-U that has been commercialized in traditional markets, souvenir shops, and supermarkets, and already has a label on the packaging, but until now there has been no research on the characterization of commercial pliek-U sold in the market. Sensory analysis was carried out which aims to determine the characterization of consumer ratings on commercial pliek-U. There were 6 commercial pliek-U used in the study, namely P1, P2, P3, P4, P5, and P6. Sensory analysis was carried out on the criteria of aroma, color, taste, texture, aftertaste, defects, price, and overall acceptance. This assessment is carried out hedonic by 50 consumer panelists. Based on the results of the sensory analysis research conducted, it was found that pliek-U P4 became the best commercial pliek-U, where there was a distinctive aroma of pliek-U, blackish brown color, not too sour taste, good texture, quite good aftertaste, the absence of defects, the price is quite affordable, and overall preferred by the consumer panelists. The conclusion that can be drawn from this research is that sensory analysis shows that the best commercial pliek-U is found in pliek-U P4 which is seen to have the highest level of preference, while commercial pliek-U which is not good is found in pliek-U P6 which has the lowest level of preference.    

Keywords


pliek-U komersial; analisis sensori;kualitas pliek-U;commercial pliek-U;sensory analysis;pliek-U quality;

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Mustaqimah., A. Lubis. 2014. Perbaikan teknologi pengolahan Pliek-U sebagai budaya khas Aceh dibidang pangan dengan mengaplikasikan alat pengepres tipe hidrolik dan meningkatkan nilai tambah kelapa Di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Laporan Pengabdian. Universitas Syiah Kuala.

https://rp2u.unsyiah.ac.id/index.php/welcome/prosesCariPublikasi/1179/198108312006042001/Raida%20Agustina,%20Mustaqimah,%20Andriani%20Lubis/6

Agustina, R. Mustaqimah Fadhil, R. Zuhdi, I. Devianti. 2019. Study on Physical characteristics of Pliek-U: Comparisons among fermentation stages, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 365(1). doi: 10.1088/1755-1315/365/1/012045.

Badan Pusat Statistik. 2021. Produksi Tanaman Kelapa Perkebunan Rakyat dan Kelapa Hibrida Provinsi Aceh. Aceh dalam Angka. Badan Pusat Statistik Propinsi Aceh.

https://aceh.bps.go.id/dynamictabel/2018/10/26/356/produksi-tanaman-kelapaperkebunan-rakyat-dan-kelapa-hibrida-provinsi-aceh-tahun-1979-2017.html

Dewanti, F. K. 2013. Substitusi inulin umbi gembili (Dioscorea aesculenta) pada produk es krim sebagai alternatif produk makanan tinggi serat dan rendah lemak. Skripsi. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Daroini, O. 2006. Kajian proses pembuatan teh herbal dari campuran teh hijau (Camellia sinensis), rimpang bangle (Zingiber cassumunar Roxb.) Dan daun ceremai (Phyllanthus acidus (l.) Skeels.). Skripsi Fakultas Pertanian IPB. Bogor. (Tidak dipublikasikan).

Fadhil, R, Safrizal, Muhir, A. 2022. Sensory Taste Assessment of Gayo Volcano Arabica Coffee of Variety Using the Analytical Hierarchy Process Method. Journal Sustainable Development of Mountain Territories. 14 (2), 263 -268.

Hayati, R., A. Marliah dan F. Rosita. 2012. Sifat kimia dan evaluasi sensori bubuk kopi arabika. Jurnal Floratek. 7: 66 – 75.

SCAA. 2015. Cupping Specialty Coffee. Published by the Specialty Coffee Association of America. 1-10.

Solikhin, A. dan Fera, M. 2020. Analisis Sensori Tepung Ampas Tahu Dengan Variasi Lama Pengeringan, 2(01).

Wahyuni, S. Pardamean, Jonianto. 2016. Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas Jakarta, Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, Vol. 3 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i4.22349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id