Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Kopi arbika di Kecamatan Bebesen Kabupaten aceh tengah

Dinda Triviana, Widyawati Widyawati, Muhammad Yuzan Wardhana

Abstract


Abstrak:  Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) terhadap peningkatan petani kopi di Aceh Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan data Primer dan skunder, Data primer didapat memalui wawancara dan observasi,Sedangkan data skunder diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) Aceh, Dinas Pertanian dan perkebunan Provinsi Aceh Tengah serta literature jurnal dan buku bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pendapatan Petani Arabika di Kabupaten Aceh tengah terletak di kuadran I (Strategi Agresif) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan sebuah peluang, dengan koordinat (1,8 : 2,0 ).

Strategy to Increase the Income of Arbika Coffee Farmers in Bebesen District, Central Aceh Regency

Abstrak:   The objectives of this study are: 1) To determine the Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) on the improvement of coffee farmers in Central Aceh. The sampling method used primary and secondary data, primary data was obtained through interviews and observations, while secondary data was obtained from BPS (Central Statistics Agency) Aceh, the Department of Agriculture and plantations of Central Aceh Province as well as journal literature and reading books. The results show that the Arabica Farmer's Income Strategy in Central Aceh Regency is located in quadrant I (Aggressive Strategy) which is to use strength to take advantage of an opportunity, with coordinates (1.8 : 2.0 ).


Keywords


Kopi Arabika; Pendapatan; SWOT

Full Text:

PDF

References


Anggrahini, D., & Surwati, C. H. D. (2014). Kegiatan Komunikasi Pemasaran Rown Division dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kegiatan Komunikasi Pemasaran Rown Division di Solo melalui Media Sosial Facebook dan Twitter dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen).

Fadli, Zahara, H., Tambarta, E. (2020). Kendala Pemasaran Kopi Arabika Pada Masa Pandemi Covid 19 di Aceh Tengah. Jurnal Bisnis Tani, 6(2), 115-122.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Firdaus, M. (2009). Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara.

Immawan, T. (2020). Perencanaan Strategi Alternatif Menggunakan Metode SWOT dan Matriks QSPM (Studi Kasus: CV. Hernandi).

Irawan, I. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Arabika Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Kopi Gayo Atulintang). Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 387-401.

Istianah, I., Hastuti, D., & Prabowo, R. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PETANI KOPI (Coffea Sp)(Studi Kasus Di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang). MEDIAGRO, 11(2).

Jayanti, G. D. (2019). Analisis Swot Untuk Mengetahui Positioning Perusahaan Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada Ud. Mahkota Gempol (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA).

Kembaren, E. T., & Muchsin, M. (2021). Pengelolaan Pasca Panen Kopi Arabika Gayo

Aceh. VISIONER AND STRATEGIS, 10(1).

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O.

(2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Kindangen, J. G. (2000). Empowerment of farmer on agribusiness based coconut development in Central Sulawesi (Indonesia). Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (Indonesia).

Masry, N. D. (2020). Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Kopi (Kasus: Desa Cimbang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo).

M Yuzan Wardhana et al. 2021. Palm sugar production from Palm tree in Gerenggam village environment, Aceh. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 644 012018 DOI 10.1088/1755-1315/644/1/012018.

Pratiwi, J. R. (2019). Pengembangan Agrowisata Kebun Kopi di Kawasan Agropolitan Kabupaten Pacitan (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rahardjo, P. (2017). Berkebun Kopi. Penebar Swadaya.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka utama

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Salman. (2015). Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Dan Pemasaran Produk Kopi Arabika Di Kabupaten Gowa. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar].

Sari, A. D. M. (2018). Permintaan Kopi Arabika Indonesia di Pasar Amerika. [Undergraduate Thesis, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta]

Subandi, M. (2011). Budidaya Tanaman Perkebunan: Bagian Tanaman Kopi. Gunung Djati Press

Yona, S. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76-80.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i4.21953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id