Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Rumah Makan Aditya Jaya di Kabupaten Aceh Besar

Era Savia, Edy Marsudi, T. Makmur

Abstract


Abstrak. Keputusan konsumen merupakan sebuah tindakan konsumen untuk membeli suatu produk yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan konsumen rumah makan Aditya Jaya di Kabupaten Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan konsumen rumah makan Adiya Jaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen rumah makan Aditya Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu model analisis Chi-Square dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas produk, harga dan pelayanan berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen sedangkan lokasi tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen rumah makan Aditya Jaya. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menjelaskan beberapa faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan konsumen.

An Analysis Of The Impact Of Product Quality, Price, Service And Location Toward Consumer Decision At Aditya Jaya Restaurant In Aceh Besar Regency

Absract. The consumer decision is an act of consumers to buy a product that is affected by several factors such as product quality, price, service and location Decision-making is an activity of individuals who are directly involved in obtaining and using the goods offered. This study analyzes the influence of product quality, price, service and location toward consumers decision Aditya Jaya restaurant in Aceh Besar Regency. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price, service and location of the consumers of Aditya Jaya Restaurant. The method used is a survey method using questionnaires and interviews. The population in this study is the consumers of Aditya Jaya Restaurant. The samples taken as many as 100 respondents using the technique of Non-Probability Sampling with accidental sampling approach, sampling technique based on chance, who happened to meet with the researchers can be sampled. The analytical method used is the model Chi-Square analysis using SPSS. Based on the research that the quality of products, prices and services significantly affect consumer decisions while the location did not significantly affect consumer decisions Aditya Jaya Restaurant. For further research is expected to explain some of the other factors that influence consumer decisions.


Keywords


Keputusan Konsumen; Kualitas Produk; Harga; Pelayanan; Lokasi; Consumer Decisions; Product Quality; Price; Service; Location

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Mdelling dalam Penelitian Manajemen. FE UNDIP. Semarang

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi ILme Manajemen. FE UNDIP. Semarang

Kotler,P. 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta

Pratikto, S.B. 2003. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Restoran Famili Resto Cibubur. Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Insititut Pertanian Bogor.

Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol. 2, No. 1

Singarimbum, M dan Effendi, S. 2003. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta

Sugiyono. 2006. Statistic untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i1.2193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id