Identifikasi Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Pada Warung Kopi Di Banda Aceh Masa Pandemi Covid-19 Untuk Penentuan Strategi Pemasaran

Hatfina Nazla, Suyanti Kasimin, Teuku Saiful Bahri

Abstract


Abstrak. Lingkungan internal memberikan gambaran bahwa perusahaan memiliki kekuatan atau kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang tersusun dari sekumpulan kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal dan strategi pemasaran warung kopi selama masa pandemi Covid-19 di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis ini digunakan karena mampu menggambarkan lingkungan internal dan eksternal pada warung kopi di Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor internal yang mempengaruhi warung kopi berupa faktor kekuatan adalah sebagai berikut : 1) Harga terjangkau di kalangan masyarakat; 2) Konsistensi cita rasa produk dan pelayanan; 3) Tempatnya luas, nyaman dan rapi; 4) Lokasi strategis; 5) Tersedianya fasilitas pendukung. Faktor kelemahan sebagai berikut: 1) Tempat parkir kurang luas; 2) Belum terlalu dikenal masyarakat; 3) Varian menu kurang banyak; 4) Belum menggunakan pemasaran berbasis 4.0; 5) Kurangnya promosi yang dilakukan. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi warung kopi berupa faktor peluang sebagai berikut: 1)  Membangun hubungan baik dengan pelanggan; 2) Protokol Kesehatan; 3) Produk layanan; 4) Minat masyarakat; 5) Teknologi. Faktor ancaman sebagai berikut : 1) Tingkat persaingan; 2) Kondisi pandemi Covid-19; 3) Kebijakan pemerintah PPKM; 4) Jumlah konsumen menurun; 5) Omzet dan target penjualan menurun.

Identification of Internal and External Factors at Coffee Shops In Banda Aceh During the Covid-19 Pandemic to Determine Marketing Strategy

Abstract. The internal environment gives an idea that the company has strengths or weaknesses. While the external environment is composed of a set of forces that arise and are beyond the reach and are usually independent of the company's operational situation. The purpose of this study was to determine the internal and external factors and marketing strategies of coffee shops during the Covid-19 pandemic in Banda Aceh. This research uses descriptive analysis method. This analysis is used because it is able to describe the internal and external environment of coffee shops in Banda Aceh. Based on the results of the study, it was found that the internal factors that affect coffee shops in the form of strength factors are as follows: 1) Affordable prices among the community; 2) Consistency of product and service taste; 3) The place is spacious, comfortable and tidy; 4) Strategic location; 5) Availability of supporting facilities. Weakness factors are as follows: 1) Parking space is not wide enough; 2) Not well known to the public; 3) There are not many menu variants; 4) Not yet using 4.0-based marketing; 5) Lack of promotion. The external factors that affect coffee shops in the form of opportunity factors are as follows: 1) Building good relationships with customers; 2) Health Protocol; 3) Service products; 4) Community interest; 5) Technology. Threat factors are as follows: 1) Level of competition; 2) The condition of the Covid-19 pandemic; 3) PPKM government policy; 4) The number of consumers decreased; 5) Turnover and sales targets decreased.



Keywords


Strategi, Warung kopi, Internal, Eksternal, Covid-19; Strategy, Coffee Shop, Internal, External, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arisanti, Petty. 2021. Analisis Swot Sebagai Dasar Strategi Pemasaran Kedai Kopi PEH Corner. Journal of management. Universitas Kahuripan Kediri.

Fajri, Muhammad Khoirul dkk. 2019. Strategi Kelangsungan Usaha Kedai Kopi Di Surakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Udayana.

Fathoni, A. 2020. Ketangguhan Warkop Dibandingkan Kafe Ditengah Hantaman Badai Pandemi Covid-19 Di Surabaya Utara. Jurnal Prodi Ekonomi Syariah. STAI Luqman Al-Hakim. 4(1): 149-176.

Firdaus, Nuruddin. 2018. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Warung Kopi Bosque Kota Malang. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hidayat, Ramon. 2021. Analisis strategi pemasaran Coffee shop kelokopi dengan swot Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Batusangkar.

Poniman, A. S dan T. A. C. Sentoso. 2017. Analisa Faktor yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Coffee Shop di Surabaya. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Siregar, Paris Saraswati. 2022. Analisis strategi pemasaran saat pandemi Covid-19 pada coffee shop di kuala Kapuas (studi kasus pada “Grandmi Official). Jurnal ilmiah ekonomi bisnis. 8(1). 2615-2134

Tirtawinata R. L, Baharta E, Kasirwi R.R.M. 2021. Upaya Work Coffee Bandung Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Telkom. Bandung. 7(5): 1461.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i4.21892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id