Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Pengembangan Sere Wangi (Cymbopogon nardus L.) di Kabupaten Pidie

Diki Rahmayadi, Helmi Helmi, Muhammad Rusdi

Abstract


Abstrak. Kesesuaian lahan adalah penggambaran tingkat kecocokan sebidang lahan untuk suatu penggunaan tertentu, misalnya komuditas terpilih. Serewangi (Cymbopogon nardus L.) merupakan salah satu tanaman atsiri dari family Gramineae yang banyak digunakan dalam berbagai industri parfum, kosmetik, makanan, minuman dan obat-obatan Tujuan penelitian ini menentukan tingkat kesesuaian lahan dan mengetahui sebaran Serewangi dan luas lahan yang berpotensi untuk pengembangan tanaman Serewangi (Cymbopogon nardus L) di Kecamatan Padang Tiji, Kecamatan Grong-grong, dan Kecamatan Batee Kabupaten Pidie. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pencocokan (matching) dan metode tumpang susun peta (overlay peta). Kelas kesesuaian lahan di Kecamatan Padang Tiji, Kecamatan Grong-grong dan Kecamatan Batee Kabupaten Pidie secara aktual yaitu S2, S3 dan N dengan factor pembatas paling dominan adalah kimia tanah dan lereng curam.

Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Pengembangan Tanaman Cintronela (Cymbopogon nardus L) di Kabupaten Pidie

Abstrak. Kesesuaian lahan adalah gambaran tingkat kesesuaian sebidang lahan untuk penggunaan tertentu, misalnya suatu komoditas tertentu. Tanaman Cintronela (Cymbopogon nardus L.) merupakan salah satu tanaman esensial dari famili Gramineae yang banyak digunakan dalam berbagai industri wewangian, kosmetik, makanan, minuman dan obat-obatan. Tanaman serewangi (Cymbopogon nardus L) di Kecamatan Padang Tiji, Kecamatan Grong-grong, dan Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pencocokan dan metode overlay peta. Kelas kesesuaian lahan aktual di Kecamatan Padang Tiji, Grong-grong dan Batee Kabupaten Pidie sebenarnya adalah S2, S3 dan N dengan faktor pembatas yang paling dominan adalah kimia tanah dan kemiringan lereng yang curam.


Keywords


Kesesuaian Lahan; Sere Wangi; Metode Pencocokan; Metode Tumpang Susun; Land Suitability; Citronela Plant; Matching Method; Overlapping Method

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Pidie. 2019. Kabupaten Pidie Dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Pidie. Aceh.

Emmyzar dan Muhammad, H. 2002. Budidaya Seraiwangi (Cymbopogon nardus L). Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. 22 p.

Kimia Minyak SereWangi. Risalah Kongres Nasional XIII dan SeminarIlmiah. Perhimpunan Fitopatologi Indonesia. Mataram. 25-27 September 1995.

Jayanti, D. S., S. Goenadi., dan P. Hadi. 2013. Evaluasi kesesuaian lahan dan optimasi penggunaan lahan untuk pengembangan tanaman kakao (Theobroma cacao .L) (studi kasus Kecamatan Batee dan Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Provinsi Aceh) 2013. J.Agritech 33 (2): 208 - 218.

Sari, M. 2017. Evaluasi kesesuaian lahan untuk budidaya tanaman buah naga (Hylocereus costericensis) di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat tahun 2016. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Setyowati, 2004. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Mitigasi Rawan Bencana Pada Wilayah Pengembangan Permukiman Di Kota Semarang. Laporan Penelitian. Semarang: Lembaga Penelitian UNNES.

Setyowati, 2007. Kajian Evaluasi Kesesuaian Lahan Permukiman Dengan Teknik Sistem Informasi Geografis (SIG) Semarang: Jurnal FIS UNNES.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i3.20907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id