Strategi Pengembangan Usaha Fermentasi Biji Kakao Di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh (Studi Kasus Koperasi Perkebunan Kakao Bireuen)
Abstract
The purpose of this study was to determine the strategy for developing a cocoa fermentation business in a been cocoa plantation cooperative, to analyze internal and external factors that were influenced by a been cocoa plantation cooperative. Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) analysis was conducted to formulate an integrated alternative strategy. The QSPM method is then used to evaluate the strategy. The results showed that the position and development of the bireuen cocoa plantation cooperative were in quadrant 5 (Hold and Mountain strategy), which means that the bireuen cocoa plantation cooperative implemented a strategy of market penetration and product development. From the SWOT analysis, the results of alternative marketing strategies that will be carried out in bireuen plantation cooperatives include 1) S-O strategy, namely maintaining cooperative relationships between institutions and maintining physical quality and product taste quality at a reasonable prince 2) W-O strategy, namely collaborating with financial institutions to additional business capital 3) S-T strategy, namely maintaining the quality of human resources in the face of increasingly fierce competition 4) W-T strategy, namely increasing production income to get good quality seeds
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agussalim., Teguh, Wijanarko dan Sutisna Entis. 2009. Petunjuk Teknis Budi Daya Dan Pasca Panen Kakao Mendukung Rencana Usaha Bersama Program Usaha Agribisnis Perdesaan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian.
Anoraga, Pandji, dan Widiyanti Ninik. 2007, Dinamika Koperasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badrun, M. 1999. Program Pengembangan Kakao Di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Kakao III, Medan. Buku 2: 1-9.
BPT, 2009. Balai penelitian tanah Petunjuk Teknis Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk. Edisi 2. Bogor: Balai penelitian tanah.
Craven, D,W. 1996, Pemasaran Strategis, edisi keempat, jilid 1 dan 2, terjemahan, Salim L Penerbit Erlangga, Jakarta.
David, R. Freid. 2009. Manajemen Strategi Konsep. Selemba Empat. Jakarta.
Dimas, Gadang. 2010. Analisis peranan sector pertanian terhadap perekonomian jawa tengah. Jurnal ilmiah Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.
Fahmi, I. 2015. Manajemen Strategis Teori Dan Aplikasi. Alfabeta.
Haryono, B.PM. 2000, Strategi Pemasaran Bagi Suatu Perusahaian Jasa Didalarn Menghadapi Persaingan, Meditek, Vol. 8, No.21, Januari April 2000, hal. 60-66.
Hasibuan, A. M., Nurmalina, R. dan Wahyudi, A. 2012. Analisis Kebijakan Pengembangan Industri Hilir Kakao (Suatu Pendekatan Sistem Dinamis). Informatika Pertanian. 21 (2): 59-70. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6 (1): 35-44.
Hasidu, La Ode Abdul. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Biji Kakao Fermentasi studi kasus pada lembaga ekonomi masyarakat (LEM) sejahtera desa Andomesinggu. Skripsi. Unversitas Halu Oleo.
Haslinda. 2017. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran pada PT. Seloko Batam Shipyard. Skripsi. Politeknik Negeri Batam.
Jazuli, Syauqi. 2016. Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada BMT EL-SYIFA Ciganjur. Skripsi. Unversitas Islam Negeri.
Khaafdh, M. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja untuk bekerja dikegiatan pertanian (studi kasus:Kabupaten Rembang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, Philip. 2008. Manajeme Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : Indeks.
Kotler, P. dan Gray Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kusnadi, Hendar. 1999. Ekonomi Koperasi Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Maria, G. B. 2013. Strategi Pengembangan Agroindustri Nenas Berbasis Kelompok Tani Di Desa Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Maryana, Kodek. 2015. Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Lumbung Mas Kelurahan Beng Kecamatan Gianjur Kabupaten Gianjurn, Vol. 4, No. 21, Juli 2015, hal. 175.
Mulato, S. dan Widyotomo. 2003. Teknik Budi Daya Dan Pengolahan Hasil Tanaman Kakao. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Jember.
Munarso, J., S. Danamik, E. Hadipoentyanti dan Miskiyah. 2012. Panduan. Sistem Budidaya Kakao Yang Baik. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Bogor. ISBN: 978-979-8451-82-9.
Nurdin. 2011. Antisipasi perubahan iklim untuk keberlanjutan ketahanan pangan. Sulawesi Utara : Universitas Negeri Gorontalo.
Nofialdi. 2007. Disertasi. Model Strategi Pengembangan Agroindustri Berbasis Nagari. Sekolah Pasca Sarjana IPB. Bogor.
Pearce, John dan Richard B. Robinson. 1997. Manajemen Strategi Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Binarupa Aksara. Jakarta.
Penny M. Kris-Ethertona and Carl L. Keenb. 2002. Nutrition Department, The Pennsylvania State University, University Park, Pennsylvania, and Department of Nutrition, University of California-Davis, Davis, California, USA. Correspondence to Penny M. Kris-Etherton, Nutrition Department, The Pennsylvania State University, University Park, PA 16802, USA E-mail: pmk3@psu.edu Current Opinion in Lipidology 2002, 13:41±49.
Pusat Data dan Informasi Pertanian (PusDaTin). 2014. Outlook Komoditas Pertanian: Perkebunan Tanaman Kakao. Jakarta: Kementrian Pertanian.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Buku Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama
Rosane F, Schwan and Alan E. Wheals. 2010. The Microbiology of Cocoa Fermentation and its Role in Chocolate Quality. Critical Reviews in Food Science and Nutrition,44:205–221(2004) Copyright; TaylorandFrancisInc. ISSN:1040-8398 DOI:10.1080/10408690490464104. England.
Subyakto dan Cahyono, B.T. 1983. Ekonomi Koperasi. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Servive, Quality Satisfaction. Yoyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2014). Pemasaran Strategik. Yoyakarta: ANDI
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i2.19682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id