Identifikasi Sebaran Pohon Di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala

Sri Ningrum, Lola Adres Yanti, Ryan Moulana

Abstract


Abstrak. Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala merupakan bagian dari ruang terbuka hijau, memiliki berbagai jenis pohon yang berada di sekitar wilayah kampus. Keberadaan jenis pohon di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala masih belum teridentifikasi letak sebaran pohonnya. Oleh karena itu, penelitian mengenai identifikasi sebaran pohon yang berada di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui komposisi jenis dan jumlah pohon yang berada di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala dan memetakan sebaran pohon yang berada di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode sensus, mengambil titik koordinat dengan menggunakan GPS pada setiap pohon yang ditemukan dan mengidentifikasi jenis pohonnya. Jenis dan jumlah pohon yang berada di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala yaitu 37 jenis dan 1341 individu. Sebaran pohon di Lingkungan Kampus Universitas Syiah Kuala membentuk mengelompok dan jalur.

 


Keywords


Jenis pohon; jumlah pohon; lingkungan kampus USK; ruang terbuka hijau; sebaran pohon

Full Text:

PDF

References


Amin, K. 2020. Analisis Kesehatan Pohon Di Jalur Lintas Tengah Sumatera Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan, Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Adira, R. 2020. Pemanfaatan Biji Trembesi (Samanea saman) Sebagai Biokoagulan Pada Pengolahan Limbah Cair Domestik. Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.

Alviani, Y. I. N. (2019). Sebaran Jenis Pohon Di Kampus Universitas Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Konservasi untuk Kesejahteraan Masyarakat I.

Fajri. Nursal. Fauziah, Y. "Inventarisasi Jenis-Jenis Pohon Peneduh Di Dalam Kawasa Kampus Bina Widya Universitas Riau Sebagai Sumber Belajar Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA." Karya Ilmiah, 2014.

Suciyani, Wida Oktavia. "Analisis Potensi Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kampus Di Politeknik Negeri Bandung." Jurnal Planologi, 2018: 15 (1).

USK, Humas. April 10, 2019. http://www.unsyiah.ac.id (accessed Juni 14, 2021).

Yuni Alviani, Iing Nasihin, Dede Kosasih. "Sebaran Jenis Pohon Di Kampus Universitas Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat." Konservasi untuk Kesejahteraan Masyarakat I, 2019.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i1.19173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id