Tinjauan Proses Teknik Pengemasan Di CV Kilang Padi Meutuah Baro Aceh Besar

Anita Anita, Bambang Sukarno Putra

Abstract


Abstrak Pengemasan alat yang digunakan sebagai wadah/bahan yang digunakan agar gabah dan beras tidak tercecer. Untuk mempertahankan mutu beras selama penyimpanan maka beberapa faktor yang berpengaruh perlu diperhatikan. Dalam proses pengolahan bahan pangan terjadi perubahan fisik maupun kimiawi yang dikehendaki atau tidak dikehendaki. Pengemasan dapat diartikan sebagai usaha perlindungan terhadap produk dari segala macam kerusakan dengan menggunakan wadah, sehingga pengemasan bertujuan untuk melindungi atau mengawetkan produk agar sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik. Penyimpanan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada bahan pangan. Beberapa faktor yang diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerusakan antara lain serangan dari serangga, tikus, mikroorganisme, reaksi enzimatis dan non enzimatis dan respirasi. Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan susut kualitatif dan kuantitatif. Tempat penyimpanan juga harus aman dari serangan hama atau sejenisnya, gudang yang ditempati harus bersih dan aman.


Keywords


Pengemasan, Penyimpanan, Penggudangan

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Langkat. 2018 dan 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Langkat

Darwinah. 1999. Simulasi Pengaruh Pengapuran Dalam Mengurangi Keracunan Besi Pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Di Lahan Kering Yang Baru Disawahkan. Skripsi. IPB, Bogor.

Hadiutomo, K. 2019.membangun kawasan persawahan padi modern. IPB Press

Hasanah, I. 2007. Bercocok Tanam Padi. Azka Mulia Media. Jakarta.

Munzir, K., Mufti, A., & Rahman, A. 2019. Perancangan Sistem Pengukuran Massa pada Pengemasan Padi Berbasis Mikrokontroler ATmega328p. Jurnal Karya Ilmiah Teknik Elektro, 4(4).

Pahruddin, A, Maripul dan Rido, P. 2004. Cara Tanam Padi Sistem Legowo Mendukung Usaha Tani di Desa Bojong, Cikembar Sukabumi. Buletin Teknik Pertanian 9 (1).

Suyitno, T. 1996. Pengemasan dan pelabelan produk pangan. disampaikan pada kursus singkat keamanan pangan. Pusat Antar Universitas Pangan Dan Gizi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Syarief, R., & Irawati, A. 1988. Pengetahuan bahan untuk industri pertanian. PT. Mediyatama Sarana Perkasa, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i1.18967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id